Ngangkang

image

PEMKO Lhokseumawe, Nanggroe Aceh Darussalam mulai memberlakukan aturan dilarang ngangkang ketika dibonceng bagi perempuan setempat. Walau masih bersifat edaran, dalam waktu 3 bulan mendatang akan dijadikan perda.

Sebenarnya tidak ada yang menarik untuk dibahas soal edaran ini. Tapi belum apa-apa di tingkat nasional masalah ini sudah menjadi pergunjingan. Sampai-sampai pak mendagri pun angkat bicara kemungkinan bisa batalnya aturan itu.

Lalu apa yang menarik soal kangkang-mengangkang ini? Pertama, menurut saya, begitu urgenkah peraturan ini dibuat dengan dalih penegakan syariat Islam? Kalau memang iya, seharusnya pemko jangan kepalang tanggung dalam mengeluarkan larangan. Mestinya harus serta merta ada larangan berboncengan dengan non muhrim. Apa mau? Bakal gak laku tukang ojek di sana, wkwkwkwk…

Lalu, kenapa hal-hal seperti ini yang menjadi fokus pemko. Lebih bagus mengurusi masalah kesejahteraan yang bikin senang masyarakat, ketimbang melarang orang mengangkang.

Sebenarnya, mengangkang atau tidak mengangkang, tergantung motornya juga. Umumnya kondisi mengangkang kentara terlihat tatkala si pembonceng duduk di atas moge (motor gede) atau motor matic yang umumnya posisi pijakan kakinya lumayan tinggi dari motor standar. Dan justru posisi paling aman untuk berboncengan adalah posisi mrngangkang ini atau dalam istilahnya forward facing. Karena keseimbangan laju motor bisa lebih terkendali dibanding duduk menyamping.

Nah, pikir-pikirlah lagi. Apa mesti ini dipertahankan sementara banyak yang kontra. Kalaupun dipertahankan, apa tidak mengangkangi pula aturan yang di atasnya… (max)

2 Komentar

  1. Istanamurah said,

    30 Januari 2014 pada 10:51 am

    Judulnya menarik dan sesuai dengan isinya juragan,

  2. 6 Januari 2015 pada 1:57 pm

    kalo di bonceng tidak ngangkang akan menimbulkan kecelakaan di jalan karena tidak seimbang


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: