SMS Gempa 11 SR #Hoax!!

Tsunami-formationSEKALI lagi, warga Kota Padang dibikin cemas oleh SMS hoax yang kebenarannya tak bisa dibuktikan. Sama sulitnya untuk menelusuri dan membuktikan siapa yang pertama kali mengirim SMS yang oleh sebagian orang tetap dipercayai ini.

Berikut ini isi SMS itu yang saya salin secara lengkap (termasuk kesalahan ejaan dan penulisannya):

“Ass direktur. Ini skdr info penting dr tmn2 dipemda&RS jamil,terkait sosialisi Tim ahli gempa jepang kmrn,srt rapat tggp darurat Pemda,BNPB&inst2 terkait,begini…dr hsl penelitian pakar gempa jepang di dsr laut mentawai tepatnya dilokasi celah MegaTrush pasca gempa mentawai kmrn, trny celah yg berenergi sgt bsr tsb sdh sgt labil utk patah dlm wkt dekat ini,bhkn saat ini kota padang sdh menetapkan status SIAGA dari H-3 & H+3 dari tgl 25, krn tgl 25 tsb btepatan dgn bulan purnama/gravitasi bumi thd bln sjjr dgn planet venus. Perkiraan gempa nt akan sgt kuat sekali smp mencapai 11SR dan 5 menit stlh itu lg sg diikuti Tsunami bsr. Jamil adakan tanggap darurat korban, pindah ke RS Jiwa gadut dan Pusk padang pasir ke pusk Pauh unand. Gimana dg RSUD?”

Lebih kurang, SMS ini kalau diedit maksudnya seperti ini:
“Dari hasil penelitian pakar gempa Jepang, di dasar laut Mentawai tepatnya di lokasi celah Megatrust pascagempa Mentawai kemarin, ternyata celah yang berenergi sangat besar tersebut sudah sangat labil untuk patah dalam waktu dekat ini. Bahkan saat ini Kota Padang sudah menetapkan status Siaga, dari H-3 dan H+3 dari tanggal 25 November 2010. Tanggal tersebut bertepatan dengan bulan purnama/gravitasi Bumi terhadap bulan sejajar dengan Planet Venus. Perkiraan gempanya nanti akan sangat kuat sekali sampai 11 SR dan 5 menit, setelah itu langsung diikuti Tsunami besar. Tolong disebarkan. Pesan ini ditujukan untuk Direktur RSUD Padang.”

Dari analisa saya, berikut kebohongan dari SMS ini:
1. Dikatakan tim ahli menyebut bahwa megathrust dalam waktu dekat ini. Sementara para ahli itu sendiri tak pernah mengklaim dengan kata-kata “dalam waktu dekat ini”.
2. Dikatakan tanggal 25 November 2010 bertepatan dengan bulan purnama. Yang benar bulan purnama sudah lewat pada tanggal 20, 21, 22 November atau bertepatan dengan 13-15 Zulhijjah 1431 H.
3. Dikatakan gempa akan mencapai 11 SR. Sementara skala yang disusun oleh Charles Richter cuma sampai angka 10 SR yang itupun tak pernah terjadi gempa dengan kekuatan segitu. Kalau sudah 11 SR, berarti bakal kiamat dong?
4. pengirim SMS bertanya ke direktur RSUD soal kebijakan RSUD ini, apakah ikut-ikutan dengan RS Dr M Djamil dan Puskesmas Padang Pasir untuk memindahkan operasinya ke zona hijau di Gadut dan Pauh. Padahal RSUD ini sudah berada di zona hijau, beda halnya dengan RS M Djamil dan Puskesmas Padang Pasir yang memang berada di zona merah rawan tsunami.

Nah.., masihkah kita percaya dengan isu? Apalagi SMS tak bertuan seperti ini. Kalaupun nanti dalam rentang waktu H-3 dan H+3 tanggal 25 November 2010 terjadi gempa dan tsunami, itu bukan karena ketepatan SMS tersebut, tapi lebih kepada kehendak Allah SWT selaku penguasa langit dan bumi. Dan kita sebagai hambanya hanya bisa bertawakkal dan berserah diri. Bukankah begitu? (max)

gambar dicomot dari sini

3 Komentar

  1. Haka Rajo Mangkuto Sati said,

    29 November 2010 pada 11:39 am

    orng yang buat SMS dan pengedar SMS adalah penghianat banbangsa harus di door dengan 12 peluru, walaupun dengan satu peluru mampus. yakinlah para sahabatku, ketek indak basabuit namo, gadang indak baimbau gala bahwan kapan kejadian gempa itu tidaka ada manusia yang tahu, haya allah yang bisa menentukan , yakinlan bahwa satu lembar daunpun yang jatuh dihutan belantara ini pasti di ketahui oleh Allah, jangan sampai pula bertambah rukun iman itu, dgn percaya pada SMS. Allah selalmu dekat dengan umatnya yang Sholeh.

  2. ZQX said,

    30 November 2010 pada 1:03 am

    SMA itu jelas2 bohong karena :
    1. Pemda dan BNPB ga pernah mengadakan rapat membahas gempa yang akan terjadi di Mentawai.
    2. Kalaopun RS M Jamil memindahkan sebagian peralatannya ke RS Ulu Gadut, itu karena RS M Jamil akan direkonstruksi dalam waktu dekat ini akibat kerusakan pasca gempa 30 September 2009.
    3.Dalam sejarah kegempaan, belum pernah terdengar ada gempa yang mencapai skala 10 SR.
    4. Belum ada satu metodepun yang dipercaya dapat secara akurat menghitung waktu akan terjadi gempa, termasuk teori Bulan Purnama.

  3. fauzan said,

    1 Desember 2010 pada 1:41 pm

    Alun ado alat nan bisa mangukua sampai 11 SR lai do.


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: