Momen Penting Seusai Blogshop

Blogshop4Bernard Pimpin Palanta

KEKHAWATIRAN saya bahwa Palanta akan berumur pendek, akhirnya tak terbukti. Komunitas Blogger Sumbar yang hampir 3 tahun saya nakhodai dengan segala romantikanya, mampu bertahan berkat semangat dan kebersamaan membersnya untuk tetap eksis di dunia maya dan dunia nyata tentunya.

Momen dari bangkitnya kembali para Palantaers ini, menyusul diberinya kepercayaan kepada Palanta untuk menggelar Blogging Workshop (Blogshop) sebagai rangkaian dari Pesta Blogger 2010. Palanta belum habis. Buktinya, acara berjalan sukses. Panitia puas, peserta yang notabene blogger pemula bersemangat pula untuk menjadi penggiat dunia maya.

Demikianlah adanya Palanta. Sebagai tempat berkumpul para blogger dari ranah Minang ataupun blogger luar yang punya ketertarikan pada Sumbar, Palanta dibesarkan dengan keragaman. Beragam asal usul budaya yang meniadakan batas primordialisme, beragam asal usul status, beragam umur, beragam keinginan, namun semua itu disatukan oleh sebuah semangat. Bahwa mereka punya kewajiban untuk terus menjalin silaturahmi.

Tiga tahun berdiri sejak dibentuk pada 30 Desember 2007 silam, semangat itulah yang menghadirkan beragam kegiatan bersama. Tak ketinggalan, saling berbagi ilmu, informasi dan menebar virus betapa asyik dan indahnya ngeblog. Buahnya, Palanta menjadi salah satu komunitas blogger yang cukup dikenal di jagad perbloggeran.

Pada akhirnya, tentu ada masa surut sebagai bagian dari siklus kehidupan dan tentunya dampak dari keragaman itu. Tapi pada akhirnya, kami menyadari tidak harus berlama-lama berkubang dengan kesurutan itu, justru disaat yang lain tengah getol-getolnya mengembangkan sayap.

BernardDan, sekali lagi, Blogshop menjadi titik start untuk meretas mau dikemanakan langkah komunitas. Hasilnya, sederet ingin dan mau yang merupakan bagian dari titik temu beragam pemikiran, memutuskan bahwa Palanta harus tetap eksis.

Bertempat di Rumah Makan Lubuak Idai, tempat dimana komunitas ini pertama kali dideklarasikan tiga tahun lalu, sebuah keputusan penting telah diambil seusai melaksanakan buka puasa bersama. Regenerasi kepengurusan dilakukan, kekurangan selama ini ditambal, dan semangat yang mengendur kembali dinyalakan.

Sebagai nakhoda baru, secara aklamasi dipercayakan kepada Bernardinus A Nugraha. Sebuah peralihan kepemimpinan yang indah, karena semua anggota yang hadir bersepakat untuk memberikan kepercayaannya. Dan saya, sebagai mantan ketua –yang kini sudah mulai terbatas waktu dan tempat akibat pilihan karir yang kini saya jalani–, merasa senang atas penunjukan itu. Saya berkeyakinan, di tangan pria berkacamata yang pendiam ini, Palanta bisa kembali eksis seperti dulu dan semakin maju.

Tentu saya takkan berlepas tangan begitu saja. Walau dengan keterbatasan yang ada saat ini, setidaknya masih ada sempat untuk bersama-sama dengan kawan-kawan lainnya membesarkan Palanta. Ayo maju Palanta! (max)

20 Komentar

  1. venus said,

    30 Agustus 2010 pada 12:14 am

    Yay! ayo segera bikin milis dan offline activities. bikin apa kek; perpustakaan umum/kelililng, donor darah bersama, kunjungan ke panti jompo atau panti asuhan, misalnya. dan jangan lupa rukun blogger nmr 1 adalah kopdar! ehehehe…

  2. 30 Agustus 2010 pada 3:05 am

    setuju sama mbok lagi dee..mbok memang punya banyak ide..kayaknya mbok mesti di nobatin sebagai kandangnya ide….hahahaha..peace mbok….@_*…
    terus lah bersinar palanta dan blogger Sumbar..saya insyaallah siap untuk merapatkan barisan demi mengeksiskan kembali palanta meski saya masih pemula…
    tapi dengan bantuan abang-abang dan kakak senior dari palanta dan pesta blogger 2010 kemaren serta tak lupa teman-teman di dunia blogger insyaallah kejayaan akan kita raih kembali….
    jaya blogger sumbar jaya palanta…
    kopdar lagi dunkz….
    hahahahaa….

  3. hendri said,

    30 Agustus 2010 pada 4:05 am

    hiks… tidak ikut photo bareng… :(

    *nyalahin motor bernard yang ngadat ga pada tempatnya*

  4. riwayat said,

    30 Agustus 2010 pada 4:25 am

    sukses aja dah… mesti kagak ikut bubar.. tapi tetap ngedukung hasil urun rembugnya…

  5. max said,

    30 Agustus 2010 pada 10:20 am

    @simbok: kalo kopdar mah hampir tiap saat tiap waktu, wkwkwk
    @okta: janji bakalan datang kalo ada kopdar? jgn janji2 tinggal janji, haoaahaha
    @hendri: tu lah, balilah oto lai
    @riwayat: selalu sukses

  6. Irfan ZJ said,

    30 Agustus 2010 pada 10:47 am

    Selamat buat Palanta yang punya pilot baru.. Semoga dibawah kepempinan Bernard. Palanta makin oke… Walaupun jauh dan juga sebagai pengurus di Blogger Bekasi, saya tetap salah satu anggota Palanta :D

    Atas nama Blogger Bekasi, kami mengucapkan selamat atas terpilihnya Bernard menjadi ketua komunitas Palanta.. Sayangnyo ambo indak mudik, kalau mudik, nio juo bakumpua jo kawan-kawan Blogger di Padang. Salamo iko hanyo basuo jo Uda Ephi Lintau :)

  7. adriyanto said,

    30 Agustus 2010 pada 4:13 pm

    Ondeh, Foto Basamo wak Ndak Masuak DOh…:D Hiks…:D

    Selamat Buat Ketua Baru, Semoga PALANTA Membuat Gebrakan Baru Untuk Kedepannya…BRAVO Bernard…:D.

  8. Anton wijaya said,

    30 Agustus 2010 pada 4:49 pm

    Selamat atas terpilihnya pemimpin palanta yang baru, semoga dapat membesarkan komunitas palanta di jagad maya.

    Salam kenal uda max, saya dari payakumbuh ingin menanyakan, bagaimana cara bergabung dengan komunitas blogger minang ini ( palanta ).
    Terima kasih atas tanggapanya.

  9. rara said,

    31 Agustus 2010 pada 2:45 am

    semangaaat semangaaat! hehehe..
    itu milis yang udah ada, dipake aja.. kalau mau tukang ngrusuh di milis dan tukang kompor, bisa sub-kan saya ahahaha..

    yang pertama, ramein milis dulu biar kebersamaan offline itu dirasakan secara online juga, terutama bagi mereka yang jauh. setelah milis rame, satu per satu ide pasti akan muncul di antara kalian. :)

    saya dukung pokoknya! :)

  10. Indahjuli said,

    31 Agustus 2010 pada 9:10 am

    Go go Palanta !
    Ayo bikin milis, tempat member Palanta meracau merencanakan kegiatan demi suksesnya Palanta.

    Sukses buat Nanad, semoga kita bisa bertemu kembali di puncak Pesta Blogger 2010.

  11. max said,

    31 Agustus 2010 pada 12:11 pm

    @pak Irfan: tq pak.. salam juga utk blogger bekasi…
    @ad: alah mulai narsis e… wkwkwkwk
    @irfan: bisa gabung melalui palanta.org… tp skrg lagi underconstruction dg cuma menampilkan rss feed blog kwn2.. ntar deh kalo dah selese konstruksinya, lgsg aja daftar… atau main ke page Palanta-Komunitas Blogger Sumbar di facebook
    @rara: sekalian jadi cheerleadernya mbak, wkwkwk
    @mbak injul: yeah..yeaahh.. ayo nad, mbak injul dah kasih semangats nih

  12. JhezeR said,

    31 Agustus 2010 pada 2:43 pm

    Wew sayangnya saya gak jadi pergi sabtu kemarin..Yap maju terus blogger minang

  13. Yuhefizar said,

    31 Agustus 2010 pada 3:01 pm

    Alhamdulillah, selamat buat bernard, maju terus..semoga palanta semakin mantap, dan senmakin sukses ditangan dingin bernard.

  14. 1 September 2010 pada 10:31 am

    Nice Artikel, inspiring in my angle.
    Have a nice day :)

  15. max said,

    1 September 2010 pada 10:44 am

    @jhezer: rugi ndak datang
    @yohan: thanks for cigap2 here… wkwkwkw

  16. indobrad said,

    2 September 2010 pada 8:36 am

    Wow, selamat utk regenerasi Palanta. Ayo semangat! Kami di Depok sudah merasakan bahwa komunitas blogger dapat menjadi semacam legitimasi suara warga bagi lingkungan kotanya.

    Eh tapi kopdar jalan terus dong ya. hehe

  17. imoe said,

    2 September 2010 pada 11:31 am

    hajar bernard hahahaha mantap mantap….maaf ambo tak bisa hadir karena ortu di opname….

  18. avartara said,

    2 September 2010 pada 3:06 pm

    Sepp…. Selamat Ya Nard…… Moga semangat n Palanta tetap jaya didunia maya n nyata…….. estrapet yo da max….

  19. max said,

    5 September 2010 pada 10:50 pm

    @indobrad: tq semangatnya
    @ajo imoe: semoga beliau cpt sembuh Jo
    @avartara: estrapet sepupunyo estapai yo?

  20. 10 Desember 2011 pada 6:32 pm

    […] kepercayaan untuk menjadi panitia lokal Workshop Pesta Blogger 2010 di Padang. Acara ini menjadi sebuah momen penting pembuktian Palanta masih ada dan eksis. Acara workshop sukses […]


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: