POSMETRO Rilis Koran Digital

EpaperposmetroUntuk sekian kalinya, POSMETRO kembali menjadi pionir dalam pengembangan informasi teknologi (IT) surat kabar di Sumbar. Dibanding kompetitor lain sesama media konvensional, bisa dikata koran kebanggaan kita ini sudah jauh melangkah ke depan.

Sekarang, gebrakan baru yang dilakukan koran perkotaan (metro) terbesar di Sumbar ini adalah meluncurkan ePaper (koran digital) yang bisa diakses siapa saja, di mana saja dan kapan saja. ePaper POSMETRO ini, bisa diakses di http://www.posmetropadang.com. Sebelumnya, alamat tersebut adalah website resmi koran ini, yang kemudian tampilannya diganti menjadi ePaper.

Peluncuran ePaper ini, sudah mulai dilakukan terhitung 1 September 2009. ePaper ini, seperti dikatakan Manejer IT POSMETRO Yonaldi, tidak begitu ribet. Karena menggunakan teknologi yang sudah dimiliki dan biasa dipakai orang, yaitu adobe flash.

Karena ini baru langkah awal, kata Yonaldi, ke depan ePaper ini juga menyediakan layanan intranet portal yang berisi informasi-informasi seluruh bagian perusahaan. “Seperti Bagian Iklan, kita akan tampilkan misalnya harga/tarif iklan. Untuk Bagian Pemasaran, kita pun menginformasikan perkembangan oplah koran ini, dan sebagainya,” sebut dia.

Walau ePaper ini bukan produk baru, karena sejumlah media nasional dan sejumlah daerah sudah menggunakannya, setidaknya untuk Sumbar, baru POSMETRO yang menggunakan kemajuan teknologi ini.

Lantas apa yang melatari koran ini berani meluncurkan ePaper? Seperti disebutkan Pemred Sukri Umar, POSMETRO berkeinginan meraih pembaca baru yang “hidup” di dunia maya di era yang telah bergeser menuju online lyfestile ini.

“Terlebih lagi, ketika kami masih memakai website lama berbasis portal news, cukup banyak pembaca setia kami yang ternyata tidak hanya berada di Sumbar. Mereka bertebaran di berbagai penjuru dunia, baik itu perantau, maupun orang-orang yang memiliki keterikatan dengan Ranah Minang. Dan pastinya orang-orang yang membutuhkan informasi hard news yang ditampilkan dalam bahasa dan gaya POSMETRO,” papar Sukri.

Sejumlah keuntungan didapat para pembaca koran digital ini. Salah satunya, mereka bisa mengakses halaman per halaman yang ditampilkan utuh sebagaimana koran konvensional. Yang paling diuntungkan, tentu saja para advertiser (pemasang iklan). “Karena di samping iklannya tampil dalam edisi cetak, juga tampil di edisi online ini,” tambah Zubeir Effendi, Manejer Iklan dan Pemasaran POSMETRO.

Keunggulan POSMETRO di bidang IT, sebenarnya sudah diakui di lingkungan grup Jawa Pos. Pada 2003, www.posmetropadang.com yang dikelola Yonaldi, pernah didapuk Master Web Indonesia sebagai web terbaik untuk kategori portal dan direktori. Penghargaan serupa juga pernah diberikan CEO Riau Pos Grup Rida K Liamsi.

Di luar itu, koran yang baru berusia 8 tahun ini, memiliki perhatian yang cukup tinggi dalam penginformasian penggunaan IT. Salah satunya, koran inilah satu-satunya media lokal yang menyediakan rubrik khusus Facebook Mania sejak Juli lalu. Dalam waktu dekat, koran ini juga punya account khusus di http://facebook.com/posmetropadang.com untuk merangkum “jamaah fesbukiyah” (istilah lain untuk facebooker) berinteraktif dan menjadi bagian dari citizen journalism.

“Dan yang paling membanggakan, hampir seluruh awak redaksi POSMETRO adalah narablog (blogger/pemilik situs pribadi) di dunia maya,” sebut Sukri lagi. (max)

1 Komentar

  1. aurora said,

    3 September 2009 pada 9:59 am

    pertamax!!!
    wah, bagus itu, revolusi internet semakin lua, semakin praktiss….
    salut, sungguh salut!!!


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: