Menunggu Indonesia Punya Obama

ObamaKemenangan ini berawal dari kesederhanaan.” Demikian salah satu pidato kemenangan Barrack Obama setelah memastikan diri menjadi Presiden Amerika Serikat ke-44.

Kemenangan pria keturunan Afro-Amerika yang pernah tinggal di Indonesia itu, jelas menyita perhatian masyarakat dunia. Dan setumpuk harapan tersemat kepadanya untuk mengubah wajah negara sok adidaya itu pascakepemimpinan George W Bush yang disebut-sebut terburuk sepanjang sejarah negeri Paman Sam. Pun untuk Indonesia, ada pelajaran berharga yang bisa diambil dan dicontoh atas demokrasi Amerika ini.

Indonesia, negeri besar yang tengah belajar berdemokrasi yang baik dan benar, yang konstitusi Pemilunya tiap sebentar berubah demi kepentingan orang yang akan dipilih, jelas harus belajar. Sebentar lagi Pilpres akan berlangsung setelah pelaksanaan Pemilu pada 9 April 2009 mendatang. Adakah figur yang akan menyamai Obama untuk maju sebagai pemimpin negara tercinta ini?

Sejauh ini belum nampak. Yang muncul, masih orang yang itu ke itu juga. Susilo Bambang Yudhoyono, Megawati Soekarno Putri, Wiranto, Prabowo Subianto. Kalaupun muncul peminat baru semacam Sutiyoso, Sutrisno Bachir, Rizal Malaranggeng, Yusril Ihza Mahendra, Sri Sultan Hamengkubuwono X, Fadel Muhammad, Rizal Ramli, atau masih banyak lagi yang punya mimpi, sejauh ini belum nampak ke-Obama-an mereka.

Negeri ini sepertinya sudah terkutuk dengan mitos Notonegoro, yang menyusun daftar nama kepala negara ini berdasarkan akhiran nama mereka. Mulai dari Soekarno, Soeharto, dilanjutkan periode goro-goro yang dipimpin Habibie, Gus Dur, Megawati, dan balik lagi ke No yang disandang Yudhoyono.  Dan mungkinkah benar selanjutnya To yang memimpin? Kalau kutukan itu memang tokcer, bisa dipastikan WiranTO, Prabowo SubianTO, Herjuno DarpiTO (nama kecil HB X) bakal dah pede duluan menjadi presiden baru Indonesia. Dari 3 TO itu, baru Herjuno Darpito yang kelihatannya punya kans besar menjadi orang nomor 1 di negeri yang katanya gemah ripah loh jinawi ini.

Foto-grafis-kreatif-RMHerjuno berpeluang besar menang bila dia mampu menggandeng Wapres yang punya poin plus; dikenal orang, berasal dari luar Jawa, dan banyak kriteria lainnya seperti sering disebut-sebut pengamat yang entah pakai kacamata apa mereka mengamati. Kalau saya mengikuti arus utama pengamat ini, maka bisa jadi HB X bakal menggandeng Fadel Muhammad, gubernur Gorontalo yang sukses memimpin provinsi pemekaran dari Sulawesi Utara itu dicintai oleh rakyatnya itu.

Tapi kembali lagi ke topik awal, apakah mereka punya aura seperti Obama? Mampukah mereka berpolitik seperti Obama, yang bermula dari bukan siapa-siapa, hingga akhirnya menjadi magnet yang menyedot perhatian orang banyak. Entahlah.. Negeri ini selalu punya anomali yang siapa saja susah menebaknya, kecuali mereka-reka seperti yang dilakukan paranormal yang belakangan mendapat tempat sebagai selebritas… (max)

15 Komentar

  1. helfiavartara said,

    17 November 2008 pada 10:41 am

    Semoga semangat demokrasi AS tertular ke Indonesia,… yang menag dan yang kalah dapat saling memuji kelebihan masing-masing bukan malah saling menyalahkan dan menghujat serta menjatuhkan,…. seperti pilkada2 saat ini. Bangga dengan massa yg banyak lalu bisa seenaknya berbuat kerusuhan,…..

  2. istantina said,

    17 November 2008 pada 6:14 pm

    Kapan y indonesia punya obama?

    Salam kenal

  3. hendri said,

    17 November 2008 pada 8:02 pm

    ntah lah da max… kadang-kadang malu wak caliak pemimpin yang rela lakukan apa saja tuk mendapatkan kedudukan….semuanya seperti dihargai dengan uang..kampanye pun dangdutan…

  4. Catra said,

    18 November 2008 pada 8:31 am

    kalau saya masih percaya sama SBY, pemerintahannya relatif stabil, gak ada konflik, ga ada bom, gak ada kerusuhan

  5. Kapindiang said,

    18 November 2008 pada 9:19 pm

    Alah sado urang sen mamuji muji Obama. Ntah iyo nyo ebat ntah indak. Ntah iyo ado untuang nyo untuak indonesia ntah indak, alun bisa di buktikan lai.

    Iko hanyo euforia infotainment sajo. Ancak cek urang ancak lo kato awak. Sia nan mangecek an demokrasi Amerika labiah hebat daripado nagari awak ?

    Nan batua batua manjalanan one man one vote itu Indonesia BUKAN Amerika. Main internet lai, tapi nan di baco ntah apo sen ? ampun den.

  6. taufikasmara said,

    19 November 2008 pada 2:58 pm

    Cuma mau mengingatkan, track record Obama sepertinya belum begitu kelihatan deh.. jadi jangan berharap terlalu banyak dulu dengan kemenangannya. Bagaimanapun Obama tetaplah orang Amerika. BTW yang perlu dicontoh mungkin lebih kepada tinginya tingkat partisipasi masyarakat mengikuti Pemilu tersebut. Kalau mengharap munculnya ‘Obama’ di Indonesia, siapa ya? emang ada?
    Baca juga tulisan terkait di blog-ku. ;)

  7. 19 November 2008 pada 7:44 pm

    maksudnya, di Indonesia mengharapkan minoritas jadi pemimpin ?
    sepertinya itu hil yang mustahalll..
    he he

  8. anton said,

    19 November 2008 pada 10:14 pm

    banyak kok indonesia punya Obama, cek aja KTP orang Indonesia hahahhahahhaha

  9. renimaldini said,

    20 November 2008 pada 7:39 pm

    wihhhh keren kali gaya jalan Obama…
    lalu, jepretan sang fotografer juga oke punya…
    sangat terlihat dan passsss…, baju, jas, sepatu, lambaian tangan serba pas…hmmm… (yang pastinya bukan bapak satu ini ya yang ngejepret…)
    Ohio Obama’08

  10. 24 November 2008 pada 8:57 am

    Kalu menunggu, ngak bakalan kesampaian. Baiknya ‘ciptakan’ Obama Indonesia, tapi bagaimana ya. Oh ya Max, tolong kirim alam ke blog saya ya. Ada yang ingin saya sampaikan.

  11. 24 November 2008 pada 2:53 pm

    klo dari calon presidennya mungkin bisa seperti itu. yg jd masalah adalah para pendukung masing. klo ribut bisa main hakm sendiri. ini yg bikin susah demokrasi di indonesia. sampe kapaaan!

  12. Alex said,

    25 November 2008 pada 4:09 pm

    Obama memang fenomenal….tapi sy tidak berharap banyak dg seorang Obama ttg janji2 kampanyenya. Karena kebijakan2 AS tidak akan bisa lepas dari loby2 Yahudi. Tapi setidaknya kita bisa ambil nila2 positif dari seorang Obama…dgn jargon Perubahan itu….

  13. 28 November 2008 pada 8:52 pm

    assalamu’alaykum

    obama and world peace: forget it. sebuah opini. salam kenal.

  14. Alexhappy said,

    5 Desember 2008 pada 11:20 am

    lun update yo da max, sibuk bana kini yo? moga sukses slalu

  15. rian said,

    6 Desember 2008 pada 8:28 pm

    kalo aja pemimpin indonesia tidak saling menjatuhkan……


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: