31 Tahun Saya Kini

MaxJUMAT 10 Oktober 2008 saya genap 31 tahun. Setidaknya itu versi tanggal tersebut. Pasalnya di dokumen saya yang lain, tertera saya lahir 22 November 1977.

Perbedaan tanggal lahir itu, sudah terjadi sejak pertama kali saya masuk SD. Dulu, saya disekolahkan oleh orangtua saya yang berada di Pekanbaru ke Pariaman di bawah asuhan kakek-nenek. Ketika mendaftar, karena mereka tidak tahu tanggal pasti kelahiran saya, maka ditulislah saya lahir tanggal 22 November 1977.

Setahun saya bersekolah di SD Kabun Cimpago Padangpariaman, saya lalu pindah ke Pekanbaru di kelas II. Persoalan tanggal lahir ini muncul lagi ketika akan menamatkan SD. Ketika diminta mengisi biodata untuk NEM/STTB, saya menemukan akte kelahiran saya yang asli di dalam lemari ortu. Di situ tertera 10 Oktober 1977.

Tapi apa lacur.., tanggal 22 November tetap melekat di NEM/STTB SD saya, karena dibilang guru; tanggal lahir tidak boleh beda dengan yang tertera di raport. Maka raport saya dari SD, SMP, SMA dan NEM/STTB SD, SMP, SMA, dan ijazah S1 sekalipun, tanggal 22 ini yang meraja. Termasuk di KTP!!!

Lantas tanggal mana yang saya pakai? Tetap tanggal 10 Oktober. Karena itu versi akte kelahiran. Untuk semua dokumen sipil, biarlah tanggal 22. Toh semua orang sudah tahu kalau saya itu Ultah 10 Oktober. Titik tidak ada koma.

Bukti kalau semua orang tahu bahwa saya Ultah di tanggal 10 adalah masuknya beragam SMS yang mengucapkan selamat ulang tahun dengan beragam bahasa versi mereka. Bahkan ada yang menelpon dan ada yang menyalami langsung. Itu saya terima sepagi-pagi hari, justru di saat keluarga terdekat saya sendiri hampir lupa bahwa itu adalah hari saya.

Wajar mereka hampir lupa –dan saya pun lupa kalau tidak ada yang mengucapkan selamat Ultah–, karena memang tidak pernah (tepatnya jarang) merayakan hari jadi saya. Tak pernah ada tiup lilin, potong kue, dan sebagainya. Paling, dulu ketika genap 17 tahun, saya sempat mendapat perayaan mendadak dari kawan-kawan SMA berupa lemparan telur busuk, kapur tulis yang berubah jadi bubuk dan campuran air seni yang dituangkan ke kepala saya. Pun pernah pula di saat masih aktif di Mapala Unand, saya mendapat perayaan mandi kembang yang merupakan tradisi di organisasi kepecintaalaman itu.

Kini di umur saya yang ke-31 (walau saya tetap pede menyebut baru berumur 17 tahun, minimal semangatnya), hitungan waktu itu pun tiba. Sudah 31 tahun saya hidup dan bernafas, entah sudah berartikah jalan yang telah saya tempuh? Sebuah perenungan yang sampai saat ini belum saya dapat jawaban pastinya. Karena hidup selalu berubah, ingin dan mau tentu turut berubah. Karena perubahan itulah yang membikin kita hidup.

Terimakasih untuk semua teman-teman, yang telah memberi ingat kepada saya bahwa di 10 Oktober lalu saya sudah menjadi pria berumur 31… Maaf kalau tidak ada traktiran, karena memang lagi bokek, hehehe.. (max)

22 Komentar

  1. vinnamelwanti said,

    14 Oktober 2008 pada 6:33 pm

    Met Ultah pak…

    Biasanya cowo, makin kepengen keliatan tua. Kilahnya, makin tua, makin dewasa, bijak n lebih dihargai…Yah, setidaknya itu yang selalu terjadi di dunia umur pria.

    Eh, ini berbeda dengan makhluk yang lahir di tanggal 10 Oktober 1977 atau 22 November. Malah kepengen tampil muda. Sweet seventeen malah..Wkakakaka….

    Ok d..Yang penting met ultah ya bro…
    Tetep sukses dan ditunggu traktirannya…

    max ->harus tetap muda, krn memang masih muda kan? :D

  2. avartara said,

    14 Oktober 2008 pada 8:57 pm

    Selamat ulang tahun Da max,….. Sepppp,.. walau 31 tapi semangatnya 17-an,… mantap da max,.. tetap berkarya, tetap semangat dan semoga apa yang dicita2kan dapat tercapai,…… :)

    max -> tq Bro…. 17 usia yg matang untuk bercita-cita =))

  3. abdullah khusairi said,

    14 Oktober 2008 pada 10:00 pm

    usia boleh tua semangat tetap muda… selamat ultah… oke…

    max -> ya iyalah, mosok ya iya dong, si abdul aja abdullah, bukan abduldong :P

  4. harfianto said,

    15 Oktober 2008 pada 9:49 am

    wah..pak KL lahir bulan Oktober juga..samo wak mah..wak Oktober juo, tapi 11 setelah pak KL. Ternyata orang-orang Oktober ini luar biasa..hehehe..

    max -> hahahaha, merasa luar bisa ya Tuan Muda? baguslah.. tetap semangat dg keluarbiasaan itu :)

  5. Alex said,

    15 Oktober 2008 pada 1:12 pm

    met milad da…..moga berkah umurnya :)

    max -> aminnnn.. Tq ya…

  6. sonny said,

    15 Oktober 2008 pada 5:27 pm

    salamaik, (uda) max

    btw, mapala unand kah ?

    mungkin kenal kakak saya Andi (D3 Unand tp gak tamat), hitam kekar
    tinggal di Jati Koto Panjang no. 8
    rumah saya no. 6, anak Mapala suka ngumpul di rumah sebelah itu..

    siipp,

    max-> yup… kakaknya Andika Putra? salam buatnya ya...

  7. Catra said,

    16 Oktober 2008 pada 11:28 am

    met ultah pak…. kapan makan-makannya nih

    max -> tgl 11 kan udah makan2 tuh di Omaiyah Cafe :D

  8. ekomadjid said,

    17 Oktober 2008 pada 11:01 am

    Met Ultah Da. Wah dah tua ya….!
    Salam kenal da.. :)

    max -> belum tua kok, masih 17 :P

  9. azlan said,

    17 Oktober 2008 pada 11:19 am

    selamat hari jadinya uda, panjang umur murah rezki, amin

    salama kenal uda…

    max -> tq..tq… salam kenal kembali

  10. easy said,

    17 Oktober 2008 pada 2:56 pm

    selamat ultah uda..

    #blognya saya masukan dalam postingan hari ini. ijin ya..

    max -> terimakasih...

  11. oktaveri said,

    17 Oktober 2008 pada 5:47 pm

    Selamat ulang tahun max. Saya lahir tanggal 8 Oktober 1975. Si max, tanggal 10 Oktober 1977. Usia 31 tahun adalah sebuah usia yang matang bagi seorang pemuda. Setidaknya, sudah 30-an kita hidup di dunia fana ini. Waktu memang terlalu cepat berlalu. Ingat-ingatlah masa kecil kita dulu. Kini, kita sudah dewasa. Masa depan, keluarga dan hari jadi perhitungan yang matang. Semoga di usia 31 tahun ini max semakin produktif berkarya. Selamat berjuang menuju perubahan kawan. Wassalam

    max -> tarimokasih Bang

  12. warmorning said,

    18 Oktober 2008 pada 11:27 pm

    Met ultah bos! Sukses terus ya !
    Salam

    max -> wahhh tq deh...

  13. ai said,

    19 Oktober 2008 pada 2:27 pm

    met ulang tahun da max….maaf telat :D

    max -> tq Ai…. gpp telat...

  14. unai said,

    19 Oktober 2008 pada 3:17 pm

    ulang tahun tidak harus ada tiup lilinnya. Yang penting ucap syukur, diberi begitu banyak nikmat oleh Allah. Semoga awet muda pak max :)

    max -> Betullll Nai… yang penting masih tetap hidup dan bikin hidup lebih hidup :D

  15. anton said,

    20 Oktober 2008 pada 7:38 am

    Hepi birsdai ke 31,

    max -> tq Nton… selamat wisuda yoooo

  16. putirenobaiak said,

    22 Oktober 2008 pada 11:18 am

    met ultah max, masih keliatan tujuah baleh kok ha.

    max -> hehehehe, kan emang masih tujuah baleh Ni… halah, hahahahaha

  17. eshape said,

    25 Oktober 2008 pada 11:41 pm

    dulu, setiap ultah aku suka ngadain acara diskusi dengan mengundang ustadz, baik dilaksanakan di rumah maupun di masjid
    [mereka pada tidak tahu kalau hari itu adalah hari ulang tahunku, he..he..he… kasihan ya..!:-)]

    salam

    max -> wahhh keren dong Mas…. salut

  18. 29 Oktober 2008 pada 9:30 am

    Met Ultah Juga Buat Anda,. Salam Kenal Yo Da,.
    Karano Browsing2, Soboklah jo Palanta.org, trus singgahlah ambo di rumah uda ko,. Tacaliak uda sdg ulang tahun, makomyo ambo pingin kenal gitu,.

    Sukses selalu,…

  19. taufikasmara said,

    1 November 2008 pada 7:48 pm

    Angku… kalau orang lain lupa ngucapin, aku malah lupa kalau sudah pernah ngucapin.. hehehehe… lebih parah kan. berarti tgl 22 Nov nanti ngucapin lagi donk?!?!?!?! traktirannya juga dobel kan? hehehe…

  20. 14 November 2008 pada 10:11 am

    ambo baru 30thn tp tampang masih anak SMA hehe .. http://indra.chaidir.info/2008/05/30-tahun-tak-terasa/

  21. Eny said,

    16 Desember 2008 pada 3:46 pm

    met ultah bang

    jadi umur 17 yg selalu abg bawa ke mana2 boong ya????

    hahahahaaaa…..

  22. Tan Malaka said,

    30 Desember 2008 pada 12:26 pm

    met ultah bozz…
    salam kenal


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: