Pesona Sikuai, Eksotika Tiada Tara

Sikuai paradiseJANGAN takut ke Pulau Sikuai! Isu gempa dan tsunami bukanlah alasan yang perlu ditakutkan untuk menjegal keinginan anda menikmati keindahan Sikuai Island Resort seluas 40 Ha lebih ini. Pun kalau mimpi buruk itu terjadi, pulau ini sudah dilengkapi dengan alat pendeteksi tsunami dan punya perbukitan berketinggian 400 meter di atas permukaan laut (mdpl).

Ketakutan anda akan berganti dengan kekaguman yang tak henti-hentinya begitu speedboat yang ditumpangi berlabuh di dermaga Sikuai. Sejauh mata memandang, laut biru jernih berombak lirih menghempas lamban ke hamparan pantai berpasir putih, ditingkahi lambaian nyiur di pinggirnya menjadi penyejuk mata.

Itu pun belum cukup. Pesona Sikuai tak hanya itu. Keindahan terpapar juga dari pulau-pulau kecil yang mengitarinya, belum lagi keeksotikan alam Sikuai diperkaya beragam satwa di darat dan di lautnya. Sarana dan prasarana semacam cottage untuk menginap, perlengkapan permainan, dan sebagai sudah tersedia.

Manajemen New Sikuai Island Resort yang mengambil alih pengelolaan Pulau Sikuai dari Pusako Sikuai pada Agustus 2007 lalu, benar-benar telah membenahi pulau eksotis ini. Akses transportasi dari Padang ke Sikuai dan begitu sebaliknya, diperlancar dengan menyediakan 5 armada setiap harinya. Fasilitas penginapan dengan konsep resort dilengkapi, peralatan untuk menyalurkan hobi diperbanyak, sarana rekreasi dan olahraga ditambah, dan sebagainya.

“Semuanya semata demi kepuasan pengunjung dalam menikmati keindahan pulau ini. Kita tak ingin mereka kecewa hanya karena pelayanan buruk, makanya semua kami benahi,” ujar Ridwan, owner New Sikuai Island Resort.

Bagi yang hobi diving (menyelam), misalnya, perangkat alat selam sudah tersedia lengkap. Para diver (penyelam) akan puas melihat keragaman terumbu karang, biota laut dan ikan hias warna-warni yang berenang di laut dangkal di pulau itu. Tak pandai nyelam? Jangan khawatir, ada permainan banana boats yang patut dicoba untuk memacu adrenalin. Masih takut? Pengunjung masih bisa memancing dengan peralatan yang disediakan pihak manajemen, berenang di tepian atau sekadar berjemur di pinggir pantai yang landai sembari menikmati hangatnya mentari. Sungguh hidup terasa indah dibuatnya.

Bagi yang hobi berolahraga, di sana disediakan kolam renang berkonsep wah yang hanya beberapa meter dari pinggir pantai. Lalu ada jogging track yang mengelilingi seluruh pulau ini. Sembari jogging, bisa melihat view betapa landscape yang terpapar tak akan pernah sama dengan pulau-pulau lainnya. Malas lari yang memakan waktu sekitar 45 menit, masih ada sepeda atau sepeda motor yang bisa dipakai mengitari pulau itu.

Atau yang hobi fotografi, keindahan alamnya menjadi momen yang menarik untuk diabadikan. Sunset bisa di-shoot dari Plaza Sunset yang berada di atas bukit, atau dari pantai sisi barat pulau ini. Sunrise yang menyemburatkan cahaya pagi, bisa dibidik dari sisi timur. Masih banyak momen-momen keren yang bisa diabadikan ke sana.

Tak hanya itu, kawasan ini sangat mendukung untuk pelaksanaan outbond. Seperti yang dilakukan Bank Syariah Mandiri Cabang Bukiktinggi pada 14-15 Juni 2008 lalu. Beragam permainan, keterampilan, simulasi dan war games yang dimentori Diniyah Training Center (DTC) Padangpanjang, terasa pas dengan ketersediaan area khusus untuk itu.

“Kami memilih Sikuai sebagai lokasi outbound, karena memang pulaunya menarik dan cocok sekali dengan permainan lapangan yang diberikan mentor. Di samping itu, di sini juga kami bisa menikmati vacation (liburan) dalam suasana yang romantis dan eksotis,” ucap Kacab Bank Syariah Mandiri Bukiktinggi Adam Malik yang memboyong 35 karyawannya ke pulau itu.

Tersedia Beragam Paket Tour

TAK perlu pusing-pusing untuk menikmati keindahan Pulau Sikuai. Manajemen New Sikuai Island Resort sudah menyiapkan beragam kemudahan buat tamu-tamunya untuk datang ke pulau ini. Untuk akses transportasi, tiket dan pemberangkatan bisa di-booking dan dilakukan dari Dermaga Wisata Bahari “AW Resto” yang berada di Jalan Batang Arau, Muaro Padang. Boat transfer schedule-nya, berangkat pukul 08.00, 10.00, dan 14.00 WIB. Pulang pukul 11.00 dan 16.00 WIB. “Kita punya paket one day tour dengan tarif Rp 125 ribu/kepala. Include di dalamnya tiket pulang-pergi, asuransi, dan makan siang. Berangkat pukul 08.00 WIB, pulang pukul 16.00 WIB,” sebut Ridwan.

Selain one day tour, paket lain yang disediakan adalah menginap di cottage seharga Rp 800 ribu/kamar. Di sini tersedia 52 kamar dengan konsep mediteranian yang dilengkapi single and double bed, bathroom with shower, TV, refrigerator, AC, fresh fruits plus private balcony. Satu kamar, bisa untuk 4 orang.

Untuk penganten yang ingin menikmati bulan madu, juga disediakan paket honeymoon selama 2 malam seharga Rp 3,3 juta. Untuk kesyahduan bulan madu, manajemen menyediakan canddle light dinner dan pengabadian cinta mereka dalam bentuk penanaman pohon di Pulau Sikuai.

“Bagi mahasiswa atau pengunjung yang tak mau menginap di cottage, kami juga menyediakan camping ground. Tarifnya Rp 200 ribu/orang, untuk tiket PP. Silahkan bawa tenda sendiri dan kemping di area yang telah kami lengkapi dengan air bersih untuk minum, dan MCK. Khusus rombongan mahasiswa yang mau KBM (kemah bakti mahasiswa) kami akan beri diskon apabila acaranya disertai dengan bakti sosial,” ujar Ridwan.

Makan Sea Food Romantis

UNTUK urusan perut, tak ada yang perlu dikhawatirkan di Pulau Sikuai. Wisata kuliner anda akan terpuaskan dengan beragam pilihan menu yang disediakan manajemen New Sikuai Island Resort.

Yang paling menerbitkan selera tentu saja makanan jenis sea food yang memang bahan-bahannya diambil langsung dari laut Pulau Sikuai. Ada beragam jenis ikan bakar, oister (lokan/tiram), lobster, lobster mayones, kepiting asam manis, udang pop, dan sebagainya. Menu sea food ini disajikan di Lumbo-lumbo Restaurant dengan prasmanan berbentuk perahu. Kalau mau yang romantis, bisa ber-canddle light dinner (makan malam di bawah temaram cahaya lilin). Wuihhh kereenn…

Bagi para vegetarian, sayur-mayur bisa dipetik langsung di lokasi. Ada selada, kacang panjang, sayur bayam, dan sebagainya.

“Tak hanya itu, untuk yang suka makan di luar ruangan, kita juga menyediakan lokasi barbeque.. Bakar ikan, bakar, ayam, bakar jagung dan bakar apa saja, bisa di sana,” kata Ridwan berpromosi.

Untuk minum dan minuman, berbagai jenis sari buah, minuman cepat saji dan beragam jenis bir dari dalam dan luar negeri juga tersedia.

Yang pasti, berwisata di Pulau Sikuai, tak hanya memuaskan mata dan hati, tapi juga memuaskan tuntutan perut untuk menikmati lezatnya menu spesifik di sana.

Nah…, tak ada alasan kan untuk tidak ke Sikuai? (***)

18 Komentar

  1. Catra said,

    4 Agustus 2008 pada 4:07 am

    PERTAMAXX… ondeh mantap bana pantainyo!!! sayang wak alun pernah kasinan lai!!

    max -> pailah kasinan Cat, bia nak lapeh penasarannyo

  2. RIRI SATRIA said,

    4 Agustus 2008 pada 10:40 am

    Nah, iko tampek nan alah lamo ingin ambo kunjungi, tapi alun kasampaian juo lai … dari foto-foto nya, hebat Mr Max ! …

    max -> wah kalo gitu harus diniatin banget tuh Pak

  3. unai said,

    4 Agustus 2008 pada 11:00 am

    saya mau yang romantis da…uhuk uhuk

    max -> mari ber-candle lightdinner di Sikuai, hihihihi

  4. mantan kyai said,

    4 Agustus 2008 pada 11:20 am

    masih sering salah arti antara eksotika dan erotika ***lagi piktor*** :D

    max -> cuci otaknya pakai air laut Sikuai Pak, biar gak Piktor lagi :P

  5. RIRI SATRIA said,

    4 Agustus 2008 pada 4:12 pm

    Dunsanak Max, berapa lama menempuh perjalanan dengan boat dari Muaro ke Pulau Sikuai ? penginapan di sana setara dengan fasilitas hotel bintang barapo ? tarimo kasih Boz … salam.

    max -> 20-40 menit, tergantung boatnya Pak… kamarnya dalam bentuk cottage2.. setara bintang 3. Mau ke sana Pak? jangan lupa oleh2nya :D

  6. 4 Agustus 2008 pada 11:50 pm

    wah, bikin kepengen aja da max…
    dah lama planning kesonoh, belom kesampean juga,
    gpp… gunung padang – air manih dulu ditaklukkan, baru sikuai :D
    poto2nya kewren da ;)

    max -> sip.. besok2 Palanta ke sana deh Mas… tggu sj infonya

  7. 5 Agustus 2008 pada 9:47 am

    taun lalu mo kesitu buat honeymoon :)..tapi lagi santer isu gempa n tsunami ..batal deh …ngeri soale :)

    max -> kalo gak sempat honeymoon ke sana, kalo gitu honeysun aja deh

  8. Deddy said,

    5 Agustus 2008 pada 12:36 pm

    :D Tahnks Da Max, lumayan nih buat bulan madu he..he Insya Allah abis rayo wak pulang, cubo ka Sikuai ciek lu..wass

    max -> mantapsss Pak… dibuek lo honeymoon part 1001 di sinan ndak Pak :D

  9. hendri said,

    7 Agustus 2008 pada 3:28 pm

    sakali sakali kopdar kasinan wak lah da max.. ambiak se paket one day… 125rebu per orang.. wak pai sudah rayo.. kan lasuah tuh

    max -> buliah Ndri… silahkan diancang2 se dulu

  10. joe said,

    14 Agustus 2008 pada 1:59 pm

    Ka sikuai lai…….

    KopDar VI Palanta..Di Sikuai….

    baa da Max?? lai suaiii?? :)

    max -> suai lah nyeh…

  11. ruziana said,

    26 Agustus 2008 pada 5:24 pm

    ass wbr bang max..
    salam hormat dari adinda dan teman lama di Tanjungpinang, Kepri.
    Semoga masih ingat dengan saya Ina, dulu sama-sama di Sumbar Mandiri
    Ina baru ketemu blognya bang Max, jadi numpang komentar
    Semoga komentar ini adalah jembatan silaturahmi
    Tulisannya bagus, jadi ingin pulang kampung dan ketemu teman2 lama
    salam untuk istri dan anaknya ya.
    juga teman2 lama

    wassalam

  12. karel said,

    13 Oktober 2008 pada 12:55 pm

    doakan ambo capek nikah da…
    biar ambo bisa pai kasinan….
    jan lupo diskon nyo yo…da max…

  13. nanda said,

    13 Oktober 2008 pada 12:57 pm

    beko ado yg namonyo uni nanda jo uda riko,itu marketing dari awak yo da max…
    jan lupo agiah korting….
    preman tu ado la 2 bln lai nio kasinan…
    inyo urang padang laweh tu ma..di bandar bueh…

  14. riri said,

    13 Oktober 2008 pada 1:01 pm

    da….
    bilo sikuai gratis da…
    da max… lai ado asuransi “indehoy” nya da!!!
    beko sadang “tinggi” tsunami pulo…
    ha ba’a tu..???

    jaleh-jalehan la kini…
    thank u yo da max…

    salam rindu dari putri karang buek uda bajangguik../..

  15. faje said,

    20 Oktober 2009 pada 6:29 pm

    ak ud pernah tuh k sikuai…
    pantai ny keren bgt
    kalah d ombak aj
    cb ky mentawai…
    beeeeuh…
    tp ak senang kampung mama q punya tempat sebagus itu…
    skrg ga tw gmn bentuk ny..
    syg yah gempa mengacau kn palnning nu year ak buat ksna..
    hiks…

  16. eja said,

    23 Oktober 2009 pada 11:23 pm

    keren bangat gitu…………..coyyyyyyyyyyyyy

  17. angga said,

    23 Maret 2012 pada 12:56 pm

    ado n o hp yang bisa di hubungi ?

  18. angga said,

    23 Maret 2012 pada 12:56 pm

    ado no hp yang bisa di hubungi ?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: