“Pesta Nafsu” di Pesta Buku

Buku-ayahSUNGGUH saya tak mengira kalau kegilaan saya terhadap buku semakin akut. Syukur kalau kegilaan itu diiringi dengan kecukupan waktu untuk membacanya. Yang terjadi saya justru lebih banyak menumpuknya karena minimnya luang waktu yang tersisa dari 24 jam yang tersita.

Entah nafsu atau bagaimana, selalu saja saya berhasrat menambah tumpukan buku itu. Akibatnya buku yang tertumpuk, semakin menumpuk dan semakin bertambahlah dosa saya karena menambah utang baca yang entah kapan akan bisa melunasinya.

Dan lumuran utang itu semakin bertambah. Bahkan sangat dahsyat jumlahnya. Itu semua gara-gara Pesta Buku Minangkabau yang digelar pada 26 April-4 Mei lalu. Berbeda dengan iven serupa, kali ini di acara yang digelar di Gedung Bagindo Aziz Chan tersebut, ada stand Yusuf Ridho Agency yang mengobral buku. Obralnya pun bukan sekadar obral yang biasanya hanya ngasih discount 10-20%. Tapi benar-benar obral yang bikin libido melonjak untuk memborong buku-buku yang mereka tumpuk.

Tumpukan buku seharga 5 ribu, 10 ribu, 15 ribu, 20 ribu dan 30 ribu, jelas membuat jakun-jakun naik turun. Emang tidak semua buku yang dijual bagus, tapi sebagian besar fisiknya masih bagus dan malah masih terbungkus plastik. Maka jadilah saya ketika itu mengobrak-abrik tumpukan buku Rp 5 ribuan yang diserakkan begitu saja di atas lantai guna mencari buku yang sesuai dengan selera saya.

Buku-ayah1Hasilnya, tak cukup sehari bagi saya untuk mendapatkan buku yang layak saya baca (lebih tepatnya, layak untuk saya tumpuk di lemari ruang tamu, menunggu untuk disentuh dan dibaca bila tiba waktunya). Ada 3 kali saya datang ke acara itu, dan tak terasa saja saku-saku sudah dikuras dibuatnya. Ada sekitar 40–an buku seharga Rp 5.000 yang berhasil saya sortir, ……. seharga Rp 10.000 dan lainnya. (lihat daftar buku). Yang hebatnya, buku “Digital Fortress” karya Dan Brown yang terbilang baru dan bersampul plastik pula, hanya dihargai Rp 30 ribu.

Selain buku obral, saya juga membeli buku Khadijah dan Aisyah untuk dibaca istri (dan tentu saja akan saya baca kalau kesempatan itu ada). Buku ini dijual di stand resmi Pena Pundi Aksara yang memberi discount sekian persen dari harga normalnya. Di luar itu, juga membelikan buku untuk anakku di stand Gramedia dan Mizan yang secara matematis jauh lebih mahal dari buku obralan yang saya beli. Tak apa-apa yang penting nafsu lepas untuk memenuhi hasrat menambah koleksi bacaan yang sebenarnya tak seberapa jumlahnya. Dan sekali lagi, mohon maklumi kegilaan saya terhadap buku di tengah sempitnya luang waktu. (max)

Daftar Buku yang Dibeli:

AfafJudul Buku: Afaf Sang Bidadari Kampus
Pengarang: Ummu Hassan Hulwi
Penerbit: Mikraj, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2005
Ukuran: 12 x 18 cm, 119 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Sarapan-pagi-penuh-dustaJudul Buku: Sarapan Pagi Penuh Dusta
Pengarang: Puthut EA
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, Januari 2004
Ukuran: 14 x 20 cm, vii + 149 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Jejak-jejak-waktuJudul Buku: Jejak-jejak Waktu
Pengarang: Imam Wahyudi
Penerbit: Diva Press, Yogyakarta
Cetakan: I, November 2002
Ukuran: 12 x 19 cm, 131 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Topeng-malaikatJudul Buku: Topeng Malaikat
Pengarang: Budi Sardjono
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 216 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Liem-hwaJudul Buku: Liem Hwa
Pengarang: Satmoko Budi Santoso
Penerbit: Gitanagari, Yogyakarta
Cetakan: I,  2005
Ukuran: 12 x 18 cm, vii + 138 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Lalat2-dan-burung2-bangkaiJudul Buku: Lalat-lalat dan Burung-burung Bangkai
Pengarang: N Marewo
Penerbit: Jendela, Yogyakarta
Cetakan: I, Desember 2004
Ukuran: 12 x 19 cm, xvii + 166 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Jangan-membunuh-di-hari-sabJudul Buku: Jangan Membunuh di Hari Sabtu
Pengarang: Satmoko Budi Santoso
Penerbit: Jendela, Yogyakarta
Cetakan: I, Mei 2003
Ukuran: 12 x 18 cm, xii + 164 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Pejuang-asmaraJudul Buku: Pejuang Asmara
Pengarang: Martha Dani Hestianawati
Penerbit: Mikraj, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2005
Ukuran: 11,5 x 18 cm, 128 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Bedil-perburuanJudul Buku: Bedil Perburuan
Pengarang: Yasushi Inoue
Penerjemah: Wahyuni Mukid
Penerbit: Alenia, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2005
Ukuran: 12 x 18 cm, 104 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Bangkok-love-storyJudul Buku: Bangkok Love Story
Pengarang: Gola Gong
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan: I, 1996
Ukuran: 11 x 18 cm, 128 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

 

Satu-hati-dua-bodyJudul Buku: Satu Hati Dua Body
Pengarang: Ganjar Triadi Budi Kusuma SPd
Penerbit: Sahabat Setia, Yogyakarta
Cetakan: I, Januari 2007
Ukuran: 11,5 x 18,5 cm, 164 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Menyalakan-matahariJudul Buku: Menyalakan Matahari
Pengarang: Roidah
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, Mei 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 200 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

RomansaJudul Buku: Romansa
Pengarang: Hamdani MW
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, Juni 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 224 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Rumah-mayaJudul Buku: Rumah Maya
Pengarang: Tan Swat San
Penerbit: Castle Books, Yogyakarta
Cetakan: I, 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 290 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Surat-pamungkasJudul Buku: Surat Pamungkas
Pengarang: Nadjib Kartapati Z
Penerbit: Progres, Jakarta
Cetakan: I,  2005
Ukuran: 14 x 21 cm, 157 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Jurnal-cerpen-indonesiaJudul Buku: Jurnal Cerpen Indonesia Nomor 2 – 2002
Pengarang: S Yoga dkk
Penerbit: Yayasan Cerita Pendek Indonesia
Cetakan: I, 2002
Ukuran: 15 x 21 cm, 148 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Bara-di-padang-gersangJudul Buku: Bara di Padang Gersang
Pengarang: Ali Ahmad Baktsir
Penerjemah: Hidayah
Penerbit: Navila, Yogyakarta
Cetakan: I, 2006
Ukuran: 12 x 19 cm, xxii + 150 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Pengakuan-pelacur-jogjaJudul Buku: Pengakuan Pelacur Jogja
Pengarang: Wahyudin
Penerbit: Tride, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2003
Ukuran: 11 x 18 cm, 188 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Tumbal-perawan-jenggalaJudul Buku: Tumbal Perawan Jenggala
Pengarang: Liga Alam M
Penerbit: Ratu Aksara Tumapel, Yogyakarta
Cetakan: I, Agustux 2005
Ukuran: 12 x 18 cm, xvi + 57 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Mama-aku-telah-ternodaJudul Buku: Mama… Aku Telah Ternoda
Pengarang: JB Dasuri
Penerbit: Sahabat Setia, Yogyakarta
Cetakan: I, November 2004
Ukuran: 12 x 19 cm, 104 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Lembaran-putih-sang-kekasihJudul Buku: Lembaran Putih Sang Kekasih
Pengarang: Achmad Mufid AR
Penerbit: Alief Press, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2004
Ukuran: 11 x 18 cm, 116 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

AyahJudul Buku: Ayah
Pengarang: Edi AH Iyubenu
Penerbit: Diva Press, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2002
Ukuran: 11 x 17 cm, 134 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Kisah-abrukuwahJudul Buku: Kisah Abrukuwah
Pengarang: Sori Siregar
Penerbit: PT Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan: I, September 2003
Ukuran: 11 x 18 cm, 138 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Episode-surat-kejantananJudul Buku: Episode Surat Kejantanan
Pengarang: Wina Bojonegoro
Penerbit: Logung Pustaka, Yogyakarta
Cetakan: I, Juni 2005
Ukuran: 13 x 20 cm, xxv + 119 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Aku-seorang-pelacurJudul Buku: Aku Seorang Pelacur
Pengarang: AD Donggo
Penerbit: Ombak, Yogyakarta
Cetakan: I, Februari 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, iv + 124 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Bukan-kematianJudul Buku: Bukan Kematian
Pengarang: Putu Oka Sukanta
Penerbit: Ombak, Yogyakarta
Cetakan: I, Maret 2006
Ukuran: 11,5 x 17 cm, viii + 127 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Kabut-dan-mimpiJudul Buku: Kabut dan Mimpi
Pengarang: Budi Sardjono
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 190 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Rembulan-putihJudul Buku: Rembulan Putih
Pengarang: Budi Sardjono
Penerbit: Labuh, Yogyakarta
Cetakan: I, 2005
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 428 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Harapan-yang-terkoyakJudul Buku: Harapan yang Terkoyak
Pengarang: Utami Dewi dkk
Penerbit: Diva Press, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2002
Ukuran: 11,5 x 17,5 cm, 130 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Kisah-kisah-tak-berjudulJudul Buku: Kisah-kisah tak Berjudul
Pengarang: Rajul Wachid
Penerbit: Lidi Utama, Yogyakarta
Cetakan: I, Februari 2005
Ukuran: 12 x 18 cm, 188 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

The-silence-soulJudul Buku: The Silence Soul
Pengarang: Veronica
Penerbit: Castle, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2005
Ukuran: 11,5 x 18 cm, 112 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Perempuan-cintaJudul Buku: Perempuan Cinta
Pengarang: Kartika
Penerbit: Akrilik, Yogyakarta
Cetakan: I, Agustus 2005
Ukuran: 11 x 18 cm, viii + 126 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Kuasa-cintaJudul Buku: Kuasa Cinta
Pengarang: Kahlil Gibran
Penerjemah: Reni
Penerbit: Diwan, Bandung
Cetakan: —
Ukuran: 12 x 19 cm, 153 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Wiro-pentungJudul Buku: Wiro Pentung
Pengarang: Hadjid Hamzah
Penerbit: Logung Pustaka, Yogyakarta
Cetakan: I, Juli 2004
Ukuran: 13 x 20 cm, xxii + 158 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Bukan-pinang-dibelah-duaJudul Buku: Bukan Pinang Dibelah Dua
Pengarang: Ratna Indraswari Ibrahim
Penerbit: Grasindo, Jakarta
Cetakan: I, 2003
Ukuran: 14 x 20 cm, 90 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Angin-kering-gunung-kidulJudul Buku: Angin Kering Gunungkidul
Pengarang: Agnes Yani Sardjono
Penerbit: Gitanagari, Yogyakarta
Cetakan: I, 2005
Ukuran: 13 x 20 cm, viii + 192 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Senja-di-candi-dasaJudul Buku: Senja di Candidasa
Pengarang: Aryantha Soethama
Penerbit: Gitanagari, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2002
Ukuran: 13 x 20 cm, viii + 226 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Rumah-tuhan-di-kampung-setaJudul Buku: Rumah Tuhan di Kampung Setan
Pengarang: R Aria Somantri
Penerbit: Adiputra, Jakarta
Cetakan: I, April 2006
Ukuran: 12 x 18 cm, 238 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Boeron-dari-digoelJudul Buku: Boeron dari Digoel
Pengarang: Wiranta
Penerbit: Tamboer Press, Magelang
Cetakan: I, Juli 2000
Ukuran: 12,5 x 20 cm, viii + 91 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Dendang-penariJudul Buku: Dendang Penari
Pengarang: Sutirman Eka Ardhana
Penerbit: Gitanagari, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2003
Ukuran: 13 x 20 cm, x + 156 halaman
Harga: Rp 5.000

 

 

 

 

 

Abunawas-kena-tipuJudul Buku: Abu Nawas Kena Tipu
Pengarang: Jauza Al Thaf
Penerbit: Balqist, Yogyakarta
Cetakan: I, September 2005
Ukuran: 14 x 20 cm, 148 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

Lorong-tersembunyiJudul Buku: Lorong Tersembunyi
Pengarang: Reshad Feild
Penerjemah: S Levi Soeroto
Penerbit: Serambi, Jakarta
Cetakan: I, November 2005
Ukuran: 13 x 20 cm, 276 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

Bibir-merahJudul Buku: Bibir Merah
Pengarang: Achmad Munif
Penerbit: Navila, Yogyakarta
Cetakan: I, Agustus 2004
Ukuran: 13 x 20 cm, viii + 232 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Jagadnya-gus-durJudul Buku: Jagadnya Gus Dur
Pengarang: Zainal Arifin Thoha
Penerbit: Kutub, Yogyakarta
Cetakan: I, Mei 2003
Ukuran: 14 x 20 cm, 336 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Rifaat-sang-penebusJudul Buku: Rifa’at Sang Penebus
Pengarang: Najib Mahfuzh
Penerjemah: Drs Joko Suryatno
Penerbit: Fajar Pustaka Baru, Yogyakarta
Cetakan: I, April 2001
Ukuran: 13 x 20 cm, x + 201 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Acuh-tak-acuhJudul Buku: Acuh tak Acuh
Pengarang: Korrie Layun Rampan
Penerbit: Jendela, Yogyakarta
Cetakan: I, Februari 2003
Ukuran: 12,5 x 20 cm, xiv + 162 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Podium-detikJudul Buku: Podium Detik
Pengarang: AS Laksana
Penerbit: Sipress, Yogyakarta
Cetakan: I, 1995
Ukuran: 13 x 19 cm, 275 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Panembahan-senopatiJudul Buku: Panembahan Senopati
Pengarang: Dr Purwadi MHum
Penerbit: Tugu, Yogyakarta
Cetakan: I, Juli 2006
Ukuran: 13 x 19 cm, 332 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Di-bawah-bayang-bayang-peraJudul Buku: Di Bawah Bayang-bayang Perang
Pengarang: Naguib Mahfoudz
Penerbit: Fajar Pustaka Baru, Yogyakarta
Penerjemah: Surgana F’aN
Cetakan: I, Oktober 2000
Ukuran: 13 x 20 cm, vi + 234 halaman
Harga: Rp 10.000

 

 

 

 

 

Send-me-down-a-miracleJudul Buku: Send Me Down A Miracle
Pengarang: Han Nolan
Penerjemah: Yulyana
Penerbit: Serambi, Jakarta
Cetakan: I, Juni 2006
Ukuran: 13 x 20,5 cm, 278 halaman
Harga: Rp 15.000

 

 

 

 

 

Cantik-itu-lukaJudul Buku: Cantik itu Luka
Pengarang: Eka Kurniawan
Penerbit: Gramedia Pustaka Utama, Jakarta
Cetakan: II, November 2006
Ukuran: 14 x 21 cm, 539 halaman
Harga: Rp 30.000

 

 

 

 

 

Digital-FortressJudul Buku: Digital Fortress
Pengarang: Dan Brown
Penerjemah: Ferry Halim
Penerbit: Serambi, Jakarta
Cetakan: VI, Juli 2006
Ukuran: 15 x 23,5 cm, 567 halaman
Harga: Rp 30.000

 

 

 

 

 

KhadijahJudul Buku: Khadijah The True Love Story of Muhammad
Pengarang: Abdul Mun’im Muhammad
Penerjemah: Ghozi M
Penerbit: Pena Pundi Aksara, Jakarta
Cetakan: V, Agustus 2007
Ukuran: 16 x 25 cm, 363 halaman
Harga: Rp 46.000

 

 

 

AisyahJudul Buku: Aisyah The True Beauty
Pengarang: Sulaiman An Nadawi
Penerjemah: Ghozi M
Penerbit: Pena Pundi Aksara, Jakarta
Cetakan: II, Desember 2007
Ukuran: 16 x 25 cm, 468 halaman
Harga: Rp 41.000

13 Komentar

  1. Alex said,

    15 Mei 2008 pada 5:13 pm

    Ass.

    mantab ko da, sanag se awak maliek cover buku2 tu, iri ambo, ingin mambaco pulo.

    da ambo mananyo ciek.

    bagabung di komunitas blogger minang daftarnyo baa caronyo da ?
    buliah ndak domisili di padang, awak di pakan misalnyo. atau yang domisili di padang ajo ? mokasih banyak da atas jawabannyo.

    salam dunsanak dari pakan

    max -> kalau daftar ka blogger Minang, cubo main ka http://go-ranahminang.web.id/forum daftar di sinan… pasang bannernyo yg tersedia di halaman utama. Soal domisili tak masalah.
    Kalau blogger Padang cubo daftar ka http://forum.palanta.org/

  2. Bagindo said,

    16 Mei 2008 pada 2:51 am

    kini ambo sadang baco Menyusuri Lorong Lorong Dunia. Masih ado 2 buku lai nan ngantri: The Revenge of GAIA (James Lovelock) samo To Kill a Mockingbird (Harper Lee).
    :mrgreen:

    max -> mantaps Gindo…. lambuik taruih…. tapi jan bukunyo nan balambuik an ;)

  3. unai said,

    16 Mei 2008 pada 8:36 am

    busyet, dipajang smua lagi covernya..ayooo lunasi hutang membaca..jan cumo ditumpuk :P

    max-> gak janji deh… kapan bisa lunasnya… yang penting ditumpuk dulu aja, tapi suatu saat pasti akan dibaca :D

  4. taufikasmara said,

    17 Mei 2008 pada 8:29 pm

    Ehm… beberapa diantaranya menyinggung syahwat neh kayaknya… hehehehe… Max masih seperti waktu SMA dulu. BTW, kalau ambo masih berkutat dengan buku kuliah, Angku. InsyaAllah kalau lah wisuda, baru mulai membaca buku2 lain. Kalau sekarang mana yang betul2 menarik perhatian aja yang dibaca.

    max -> yg penting ada niat membaca, soal tidak terbaca, itu urusan belakangan :D

  5. Nada taufik said,

    18 Mei 2008 pada 11:09 am

    Hahaha.. ga papa kalee mas, buku kan masih bisa diturunkan ke anak-anaknya kelak.. Membaca buku adalah bekal utama, gitu kata papa saya..

    Dirumah juga banyak banget buku, sampe kayaknya harus buka perpustakaan neh saya.. cuma emang ga ada lagi tempat buat perpus dirumah, hehehe..

    max -> beli rumah baru aja Buk :D

  6. imoe said,

    18 Mei 2008 pada 10:29 pm

    jan takuik da, pasti bisa tabaco mah…kalau ndak sempat bana lai…sumbangan ka ambo pak….lah baco THE KITE RUNNER pak ? lai rancak tu ?

    max -> kecek urang kite runner rancak. ambo alah lamo bali buku tu, tp alun tabaco lai. yg alah ambo baco a thousands splendid suns

  7. Bagindo said,

    19 Mei 2008 pada 3:03 am

    da max. baa kok ambo payah bana nio register milis palanta tu? disuruah maisi kato nan tatulis kato tu ndak muncul do..
    daftaran se ciek baa?
    :mrgreen:

    max -> alah bisa tacaliak kato nan ka ditulis tu mah Bos. cubolah

  8. Alex said,

    22 Mei 2008 pada 12:14 pm

    ass.

    ambo mancubo daftar di palanta.org, tapi

    Verifikasi Visual: (Ketik huruf yang terlihat dalam gambar)
    gambar dan verifikasi visualnyo indak ado do da ?

    max -> alah dipelok an dek Pak Admin. silahkan coba lagi

  9. putirenobaiak said,

    23 Mei 2008 pada 2:56 pm

    ondeh ngiler malieknyo, kalau ndak sempat atawa kapanuahan lamarinyo kirim2 lah ke medan hehehe…

    ada satu yg menganggu fikiran kalau ngeliat buku: hutan yg semakin berkurang!
    lamo ndak kasiko max, baa kaba?

    max -> elok2 se Ni. Uni kan lai aman di sinan? jan dibayangan hutan nan habih Ni, bayangan hutan nan kaditanam :D

  10. arya wanda wirayuda said,

    19 Agustus 2008 pada 5:34 pm

    buku baru tentang sejarah bulan agustus 2008 apa ya?
    saya diinformasikan dung.
    seperti judul di page ini lagi “pesta nafsu” baca

  11. 5 November 2010 pada 10:11 am

    […] udah lama banget tidak merasakan suasana pameran buku di Kota Padang pascagempa, tentu saya nafsu banget untuk mengunjungi book fair ini. Targetnya cuma satu, pastilah ada buku murah meriah yang […]

  12. kala said,

    8 Desember 2011 pada 12:42 pm

    wa , gw nyari buku ini dah susah banget de
    Judul Buku: Lorong Tersembunyi
    Pengarang: Reshad Feild

    boleh pinjem mas?? ato fotokopiannya? he3
    thx

  13. Rahmat said,

    10 Maret 2016 pada 10:14 am

    Kalau mau beli bagai mana caranya?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: