Syarat & Ketentuan Berlaku

CallmedongBEGITU kata-kata yang sering diabaikan konsumen saat melihat iklan penyedia jasa komunikasi seluler. Mereka hanya tahu, bahwa tarif percakapan yang diiklankan perusahaan itu sangat murah dibanding kompetitornya. Padahal….,  ada tanda (*) yang di bagian bawah iklannya diterakan kata-kata Syarat & Ketentuan Berlaku. Maka tertipulah yang mengabaikan tanda (bintang kecil) itu.

Seperti yang terjadi belakangan ini, banyak rekan-rekan saya melaporkan bahwa kenyataan yang diterimanya setelah membeli paket perdana sebuah kartu seluler, ternyata tidak seindah iklan yang ditayangkan. Pulsa ditarik penyedia jasa, tidak sebesar apa yang diiklankan. Dalam sekejap, pulsa habis karena keasyikan bicara atau SMS-an tanpa jeda lantaran begitu percaya dengan iklan yang mereka lihat dan baca.

Contoh yang paling aktual adalah tarif termurah bebas Rp 0,1/dtk ke semua operator se-Indonesia yang digembar-gemborkan XL. Apa benar Rp 0,1/dtk? Sudah pasti bukan. Coba saja baca syarat & ketentuan berlaku yang mereka terakan. Inipun sudah dibahas di blog rekan saya yang ini. Kalau mau tahu selengkapnya, lihat ini:

Xl

atau selengkapnya di sini.

Itu baru satu contoh kasus. Belum lagi kasus-kasus lainnya. Pokoknya semua penyedia jasa komunikasi itu tidak ada yang jujur kok. Kalau mereka dibilang bohong, tidak pula. Karena telah menerakan kata-kata “Syarat & Ketentuan Berlaku”, walau dikamuflasekan dengan tanda (*). Makanya, “waspadalah…waspadalah…,” kata Bang Napi. (max)

1 Komentar

  1. unai said,

    29 Januari 2008 pada 8:36 am

    yak…iklan yang menipu..tertipuuuuuu, kapan tarif murah tak bersyarat yak? makasih infonya da

    max -> tunggu deh, Da kalau dapet warisan Soeharto, mau buka perusahaan jasa seluler juga. Halah! :D


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: