Saatnya PKL Tertawa

PKLINI nih baru berita, dan sudah sepantasnya pedagang kaki lima (PKL) tersenyum sumringah membacanya. Karena bagaimanapun PKL itu untuk dibina, bukan dibinasa!

Adalah wacana (ataukah rencana?) dari Dinas Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Diskop UKM) Sumbar untuk melakukan sertifikasi terhadap mereka. Katanya, di 2008 ini akan disertifikasi 1.000 PKL. Untuk tahap awal niat tulus nan suci ini akan diterapkan dulu untuk PKL di 5 kabupaten/kota di Sumbar, yaitu Kota Padangpanjang, Payokumbuah, Sawahlunto, Bukiktinggi dan Kabupaten Tanahdata. Baru pada 2010, ditargetkan 6 ribu PKL disertifikasi di semua daerah.

Buat apa PKL disertifikasi segala? Apakah dengan punya sertifikat serupa itu mereka akan terjamin untuk tidak diburu-buru pak pamong praja (Pol PP)? Tunggu dulu dan belum tentu! Pasalnya niat sertifikasi ini guna mempermudah PKL mendapatkan kredit dari Bank Nagari dengan kisaran Rp 500 ribu-10 juta. Itu pun (seperti biasa birokrasinya tetap ada) penyalurannya melalui koperasi yang menaungi para PKL. Nah lo

Itu baru birokrasi pertama. Birokrasi kedua, sertifikasi hanya diberikan kepada PKL yang berjualan di tempat-tempat yang telah ditentukan pemerintah. Itu artinya, para PKL yang memakai tanah fasilitas umum (Fasum) dan tanah fasilitas sosial (Fasos) harus siap-siap gigit jari. Kecuali, mereka mau pindah lokasi yang diridhai.

Kalau sudah disertifikasi, bagaimana wajah PKL nanti? Kata Kadiskop UKM Sumbar Syafrial, mereka akan diberi seragam dan id card. Woalahhhh, mirip pegawai swasta dunk

Seriuskah Diskop UKM ini? Serius! Untuk 2008 ini sudah dianggarkan dana Rp 300 juta untuk sertifikasi itu, alias Rp 300 ribu/PKL. Patut ditunggu juga tuh realisasi wacana (eh..rencana) mulia ini. Karena terus terang, saya sudah bosan membaca berita PKL digusur dan digusur tanpa ada solusi sama sekali. Karena patut diingat; “PKL juga manusia…” (max)

8 Komentar

  1. 7 Januari 2008 pada 9:39 pm

    Artikel yg menarik.

    PKL baca blog ini ngga ya ???

  2. max said,

    7 Januari 2008 pada 9:53 pm

    spypark.reborn = iya ya… PKL baca blog ini gak sih? Moga2 bagi yang dapat bantuan kredit setelah disertifikasi, bisa jadi modal buat ngeblog, he3x. Manalha mungkin ya Om Spypark :)

  3. unai said,

    8 Januari 2008 pada 2:59 pm

    uda ngiri??hehe ndak pingin alih profesi kan ?

  4. max said,

    8 Januari 2008 pada 3:49 pm

    unai = jangan sampai jadi PKL deh, mending jadi bos besar PKL :D

  5. meiy said,

    9 Januari 2008 pada 10:01 am

    Mudah2 ini niat beneran, bukan bagarah2 se yo max! latiah awak mancaliak rakyat kecil dibohongi trs.

  6. max said,

    10 Januari 2008 pada 4:37 pm

    meiy = wak caliek se beko Ni, apo wacana atau memang dilaksanakan :)

  7. avartara said,

    12 Januari 2008 pada 2:17 pm

    Moga rencana ini cepat teralisasi,…da max bisa ne jadi marketingnya Bank nagari,…hehehehe

  8. max said,

    13 Januari 2008 pada 6:17 pm

    avartara = he3x… ada lowongan di sana ndak?


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: