Presiden NOTONEGORO

Photobucket - Video and Image HostingPEMILIHAN Presiden (Pilpres) masih lama, tapi gaungnya sudah mulai terdengar dari kini. Jagoannya pun sudah dielus-elus berharap jalannya jadi mulus. Ada yang nyebut Jusuf Kalla, ada yang tetap menjagokan SBY, ada yang ngelus Sutiyoso dan ada yang kembali dorong-dorong Megawati. Terakhir muncul nama Kapolri, Sutanto.

Kalau sudah begini, memory saya langsung berputar pada tulisan-tulisan yang pernah saya baca dahulu kala. Teringat, dulu ada pembahasan Jongko Joyoboyo oleh “dukun politik” Permadi SH di majalah Tempo tahun 1998 dan omongan Gus Dur di sebuah tabloid yang saya lupa namanya –entah tabloid Adil atau Tekad– pada tahun yang sama –kalau tidak salah.

Presiden RI dikaitkan-kaitkan dengan mitos Notonegoro yang ditafsirkan sebagai nama akhir pemimpin Indonesia. NO (Soekarno), To (Soeharto), Ne; bukan orang Jawa (Habibie), Goro; ribut-ribut (terbukti dengan terpilihnya Abdurrahman Wahid yang kemudian digantikan Megawati). Terus balik lagi ke No (Susilo Bambang Yudhoyono).

Nah di sini, asyiknya. Setelah No, tentu To lagi. Siapa dia gerangan? Karena itu saya pengen coba-coba jadi “dukun politik” pula. Meramal siapa gerangan yang bakal jadi presiden.

Kalo dilihat dari daftar nama yang sudah diusung beberapa Parpol dan berbagai kalangan, saya bisa ramalkan yang bakal jadi presiden itu adalah…, bukan saya!!! Tapi seseorang yang punya nama yang akhirannya TO. Selamat bagi TO yang kini jadi TO (Target Operasi). Siapa dia? Silahkan lihat foto. Kalaupun nanti salah, wajar. Yang namanya dukun, lebih banyak salah daripada betulnya.(***)

38 Komentar

  1. meiy said,

    15 September 2006 pada 5:23 am

    hehe…ga minat jadi president max…wekksx :D

  2. unai said,

    16 September 2006 pada 3:08 am

    hmmm mungkin Yuno AmbarwoTO…doakan saja da, hahah

  3. lucy said,

    18 September 2006 pada 11:00 am

    kalau orang jawa bilang, bisa marwo-to, bisa supar-to, bisa subejo-to, bisa supangat-to, bisa farellio-to, bisa papanya farel-to, bisa ayahnya disya-to…dan to to lainnya….

  4. mutiara nauli pohan said,

    19 September 2006 pada 5:53 am

    siapa tuh bang ??

  5. kana said,

    21 September 2006 pada 6:52 am

    hehehe… kalo kana-to gimana? :p tapi gak mo ah jadi presiden! pusiiiiing… tar di demo terussss…. apa lagi jaman sekarang… helah….

  6. gaussac said,

    21 September 2006 pada 12:23 pm

    oohhh…masih berlanjut ya budaya notonogoro. dari awalan “no” sampe akhiran “ro”, terus balik lagi ke “no”.
    ngga selse2 ya. hhmmm indo..indo..

  7. vIX said,

    9 Januari 2009 pada 3:14 pm

    Ah moso` sich……????!!! SANGARTO kali…..!!

  8. AjinomoTO said,

    9 Januari 2009 pada 3:32 pm

    Bukan gw lho bukan!

  9. taufikasmara said,

    13 Maret 2009 pada 10:44 pm

    Wahhh kapan giliran Jend. Naga Bonar? Wakakakaka

  10. 23 Maret 2009 pada 1:43 pm

    Nah ini nich peluang gua, siapa tau ada jurig tumpak kuda, kini giliran to. kebetulan nama gua ada to nya. tapi siapa yang mo ngangkat gua…??? jadi caleg aja kagak… darimanba jalan nya… dan gimana caranya…..apa laku gak akhiran nama gua to..ha.. ha… ha…..

  11. sukma wijaya said,

    6 April 2009 pada 9:19 pm

    saya yakin yang barakhiran to” ga
    itu bisa juga kedua jenderal purnawirawan
    kalo ga wiranto,prabowo subianto….
    itu mungkin lhoo…………………

  12. sir koto said,

    14 April 2009 pada 7:21 pm

    paling aku nehhhh sir koTO hik hik hik

  13. gontor galigota said,

    15 April 2009 pada 2:16 pm

    Hhhhmmm…
    saat ini banyak orang yang memaksakan diri atau memposisikan diri bahwa seolah-olah dirinya lah bagian dari ramalan tersebut.
    Celakanya.. Sudah merasa Cocok dan sesuai dengan apa yang digambarkan oleh para peramal.. Padahal belum tentu benar dan malah jauh sekali dari target!
    Mengapa demikian?
    Karena ramalan yang ada saat ini hanya menggunakan bantuan/patokan dari huruf dan suku saja (mis. inisial atau akhiran go, dan dia berasal dari Jawa dan keturunan raja).
    Ada baiknya bila para peramal untuk mencoba mengaitkan ramalannya dengan beberapa aspek, misalnya titisan dan masa lalu (past life) serta apakah sang Presiden saat ini memang terlahir sebagai orang jawa? Dimana dia tinggal? apakah saat ini dia sudah tampil dan dikenal publik? dsb..
    Demikian ulasan kami, Moga-moga bermanfaat!

    Wassalam,
    Gontor Galigota

  14. dhira said,

    23 April 2009 pada 2:41 pm

    to yg terakhir, Parabowo Subianto kali? Hahahaha

  15. Abinya Azmi said,

    25 April 2009 pada 11:26 pm

    mitos NOTONOGORO yang saya tahu untuk presiden Indonesia semuanya sudah habis, karena NOTONOGORO merupakan nama2 akhir dari para pemimpin bangsa, atl : No=SoekarNO, To=SoehaTO, No=TresNO (dlm bhs Arab=Habib/Habibi), Go=Gus Dur+MeGOwati, dan yang terakhir adalah RO, mestinya disandang oleh Amien ROis, tapi sayang ia orang yang anti mitos dan ramalan, karenanaya mengakibatkan bangsa indonesia dilanda goRO-goRO. SBY cuma penderita…
    wallahu a’lam…

  16. dodol said,

    6 Mei 2009 pada 5:17 pm

    no Yudoyono nya kan belon kelar,..masih sekali lagi,..jadi tunggu nanti tahun 2014 baru deh ke TO ,……yg mungkin subianto naik 2014..

  17. yude said,

    8 September 2009 pada 3:51 pm

    yang benertu
    ( alm Mbah surip)
    enak to
    mantep to
    ayo kemana
    tak gendong to….kemana—mana

  18. andy indrama said,

    17 September 2009 pada 5:02 pm

    Analisa umum yang ditulis mengenai teori Joyoboyo menggambarkan urut-urutan pemimpin Indonesia menuju kemakmuran adalah ”notonogoro” — urut-urutan suku kata terakhir nama mereka. ”no” untuk Soekarno, ”to” untuk Soeharto, dan ”no” kedua buat Susilo Bambang Yudhoyono. Adapun B.J. Habibie, Abdurrahman Wahid, dan Megawati Soekarnoputri dianggap sebagai tokoh peralihan.

    Menurut pandangan saya, urut-urutan pemimpin Indonesia adalah ”notobuwono”

    Karenanya semua nama presiden Indonesia sampai saat ini dapat terwakili dalam tiap suku kata maupun huruf dari kata NOTOBUWONO.

    Hal ini bisa ditelaah dari nama-nama presiden Indonesia terwakili dalam kata NOTOBUWONO,
    SOEKAR(NO)
    SOEHAR(TO)
    (B)AHARUDDIN JUSUF HABIBIE
    ABD(U)RRAHMAN WAHID
    MEGA(W)ATI SOEKARN(O)PUTRI
    SUSILO BAMBANG YUDHOYO(NO)

    Pemimpin yang diwakili satu huruf saja menggambarkan masa kepemimpinan yang singkat dibawah dua tahun.
    B.J. Habibie hanya 17 bulan (21 Mei 1998 – 20 Oktober 1999)
    Gus Dur hanya 21 bulan (20 Oktober 1999- 23 Juli 2001)

    Bisa saja Indonesai bukan hanya gambaran sebuah kerajaan negara(notonogoro), tapi gambaran kerajaan dunia/jagat(notobuwono)

  19. Mangulungun said,

    13 April 2010 pada 1:34 am

    no-to-ne-go-ro itu bukan dikaitkan dengan presiden, melainkan adalah suatu kitab ketatanegaraan, jadi jangan salah penafsiran..ok

  20. 26 Mei 2010 pada 6:27 am

    HUTOMO MANDALA PUTRA SOEHARTA. GITU AJA KOK REPOT-REPOT…

  21. LImantoewe said,

    5 Juni 2010 pada 9:42 pm

    mungkin saja gw yg TO
    nama gw berakhiran TO

    dn gw bercita2 jd presiden
    itu mimpi gw
    gw yakin itu
    To itu mungkin jd gw punya
    semoga dee

  22. manusia said,

    22 Agustus 2010 pada 7:41 pm

    asal jangan prabowo subianTO

  23. manusia said,

    22 Agustus 2010 pada 7:43 pm

    @MANGULUNGUN.. itu kitab ketatanegaraan yang ramalin presiden indo KATANYA

  24. Cöpii said,

    21 Oktober 2010 pada 6:09 pm

    wek…nyambung g? skrg pk SBY naik lg. TO gd di pk SBY.

  25. rifan prastyo anggoro said,

    27 November 2010 pada 3:27 pm

    tunggu saya di tahun 2020

  26. Abdul said,

    3 April 2011 pada 10:10 pm

    dukun mana ada yg bener, benerpun kbetulan… tapi yg ini bener2 kebetulan bener “GORO” setelah NOTO NE lainnya GORO,

  27. roy said,

    12 Mei 2011 pada 6:08 pm

    sepertinya saya to ha ha ha

  28. Zhay said,

    10 Agustus 2011 pada 11:14 am

    wahhh main tebak tebakin nihhh

  29. TANGGIO said,

    28 Januari 2012 pada 4:48 pm

    NATHANEGARA, NA=SUKARNA=SUKA MBONGKAR NEGARA,T=SUHARTA=SUKA AKAN HARTA,H=HABIBIE=HABISI NEGARA(TIMOR LESTE),A=ABDUL RAHMAN WAHID=AMBURADUL NEGARA,EGA=MEGAWATI=TEGA BIKIN RAKYAT SENGSARA KHUSUSNYA KARYAWAN OUTSOURCING,RA=BIKIN ISA PERKARA,SAMBUNG MENYAMBUNG,KEJADIAN ALAM DSB,BANYAK MUASALH GA BISA DISELESAIKAN

  30. Jaka said,

    8 Maret 2012 pada 12:36 pm

    NO-TO-NO-GO-RO
    No=Sukarno
    To=Suharto
    H=Habibie
    A=Abdurahman
    M=Mega
    No=Yudoyono
    Go=?
    Ro=? ataukah Goro=Kacau
    Tiga presiden yg ga penuh memimpin negara ga diitung mereka cuma korban HAM, stlh NO skrg apakah ada presiden yg ada GO lalu RO ataukah
    GORO=kekacauan yg akan trjadi d negri ini, moga aja satria piningit cpt keluar jangan cuma ngumpet sambil ngintip ìndo yg makin semrawut, ga usah d pikir serius, gua cuma iseng nulis hehehe

  31. 5 Maret 2013 pada 3:15 pm

    atasan saya namanya toto. mungkin dia berikutnya.. hahaahahaaaaaa….

  32. andosz said,

    11 Maret 2013 pada 4:40 pm

    jangan sampai SUMANTO, tp sdh mati,,,mungkin WIRANTO atau PRABOWO SUBIANTO???

  33. Junar yatno said,

    24 Maret 2013 pada 8:00 pm

    Wiranto?

  34. 02194177276 said,

    11 April 2013 pada 9:07 pm

    PRABOW0 DAN JOKOWI WAPRES CAWAPRES 2014 100%

    • raden said,

      22 Mei 2013 pada 5:52 pm

      “waduh ko jd kaya gini bangsa.
      2014 memang awal kebangkitan bangsa yang pegang kunci siapa yang berperan siapa”
      kata seorang kakek yang ga jelas tapi baik hati
      memang benar ujung namanya to

      jika menurut saya itu hanya kitab tatanegara aja, toh jika di artikan notonegoro

      siapa saja yang jadi presiden kita doakan saja membawa perubahan yang sangat baik bagi negeri ini

      thanks

  35. tristan said,

    8 September 2013 pada 11:29 pm

    yang passti bukan cuma NOTONEGORO…..tp panjangnya…….NOTONEGORO ADI BANGUN KENCONO….ini lah yg bakal mimpin bangsa yang besar ini….menuju jaman keemasan……semoga…dan ammiiiiin.

  36. Maxgrosir said,

    30 Januari 2014 pada 11:08 am

    ya semoga saja pemimpinnya yang terbaik dipilih dan terpilih untuk mengembangkan bangsa,


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: