Fativi, Iyo….Rancak!!!

Photobucket - Video and Image HostingPENANTIAN masyarakat Sumbar akan kehadiran televisi (TV) lokal pertama akhirnya terjawab sudah. Setelah beberapa bulan melakukan siaran percobaan, Favorit TV (Fativi) resmi akan mengudara selama 5 jam sehari mulai Sabtu besok (12/8). Kepastian itu, seiring dengan grand launching-nya stasiun TV milik PT Favorit Mitra Media Televisi tersebut pada hari ini (11/8) yang peresmiannya akan dilakukan gubernur Sumbar yang ditandai dengan pemukulan gong dan pembukaan layar TV raksasa di Pangeran Beach Hotel.

Beberapa bulan belakangan, masyarakat Sumbar terutama yang berada di Kota Padang, Pariaman dan sebagian wilayah Kabupaten Agam telah disuguhkan beberapa promo program acara milik Fativi ini. Sepintas ada antusias warga, mengingat acara yang akan ditayangkan Fativi setelah resmi mengudara permanen tersebut, memang berbeda dengan suguhan serupa dari TV swasta nasional maupun TV lokal “plat merah” (TVRI Sumbar-red). Pasalnya, content lokal yang diusung, benar-benar mengobati kerinduan pemirsa akan tayangan alternatif yang dikemas dalam program-program bertajuk berita, seni dan budaya.

Melalui promo yang gencar ditayangkan setiap saat pada siaran percobaannya, pemirsa jadi tahu mereka akan disuguhkan dengan beragam acara yang menghibur, menambah wawasan dan memberi info terkini tentang daerahnya ini. Cuma mereka memang dituntut harus bersabar, karena tayangan itu masih berupa siaran percobaan.

Kini dengan resminya TV itu siaran secara permanen mulai pukul 17.00 WIB hingga 22.00 WIB di channel 35 UHF, pemirsa akan dapat menghibur diri dengan menonton acara Komedi In-donk yang menampilkan si Tampan, si Lecet dan kawan-kawan yang diyakini bakal mengocok perut mereka. Atau menyaksikan info terkini ranah Minang melalui program news Info Favorit dan Kaba Malam yang dituturkan dalam bahasa Minang.

Tidak hanya itu, acara lainnya yang oke punya, juga dapat dipelototi penonton di layar kacanya, seperti MD Show yang diasuh Muhammad Dien, acara Sitkom (situasi komedi) macam Rumah Awak, Silau, Bakapik, Kampuang Favorit dan sebagainya. Masih ada pula berbagai acara talk show seperti Potret Keadilan, Bisnis Favorit, Tabir Islami, dan beragam variety serta reality show dan feature berupa Tikam Jajak, Jelajah Kampus, Kancah Budaya, Seni Budaya, Minang Mahimbau, Wahana Pendidikan, Rampak Nagari dan lainnya.

Segmen untuk remaja dan anak, pun tidak lupa disuguhkan ke pemirsa dari jenis mereka. Fativi menawarkan reality show bertajuk Puber dan Kreasi Anak. Sedangkan untuk menambah wawasan keagamaan selain melalui Tabir Islami, keimanan pemirsa akan “disentuh” melalui sajian Penyejuk Jiwa yang menampilkan Ustadz H Indra Jaya SH sebagai host-nya.

Semua acara yang akan ditampilkan Fativi ini, ungkap Dirut PT Favorit Mitra Media Televisi, H Yendril BE didampingi Direktur, Ir Muhammad Dien, Pemred, Rinaldi “Nanang” dan sejumlah kru Fativi seperti Heldo Aura, Sylvi Azmi, Fadhly Reza dan Yoserizal Daniel T kepada wartawan, Kamis (10/8) mengungkapkan, berdasarkan survey siaran percobaan, saat ini Fativi baru bisa disaksikan warga Kota Padang, sebagian daerah Pariaman, Pasaman Barat dan Agam. Namun seiring dengan dipakainya pemancar berkekuatan 1.000 watt, coverage area (cakupan siaran) Fativi berkemungkinan bisa ditonton sebagian warga yang berada di Padangpanjang, Solok, Pesisir Selatan dan Mentawai.

“Ke depan, kita tentu berharap siaran Fativi bisa disaksikan seluruh warga Sumbar dengan membangun beberapa stasiun relay di sejumlah daerah,” ujarnya.

Dengan lebih dahulunya Fativi mengudara permanen dibanding TV lokal sejenis yang kabarnya juga akan bermain di jagad pertelevisian Sumbar, seluruh kru dan pimpinan TV ini ditantang untuk memberikan suguhan rancak kepada pemirsa. Sehingga motto “Iyo…Rancak!!!” diusung sebagai spirit untuk memuaskan pemirsanya.

Jika tantangan ini dapat dipenuhi kru TV berkekuatan lebih 80 orang itu, maka wajar bila nantinya, masyarakat Sumbar terutama para pemirsa akan mengakui bahwa Fativi, iyo…rancak!!! (***)

8 Komentar

  1. unai said,

    11 Agustus 2006 pada 12:35 pm

    asikkkk hebat euy padang.Rancak bana..aku bisa kirim application kah da? butuh penyiar apa penyair ya da?

  2. tanty blåtind said,

    13 Agustus 2006 pada 4:42 pm

    Congratulation!! Nanti kalo aku jadi ke Padang bisa nonton dong ya :)

  3. mutiara nauli pohan said,

    14 Agustus 2006 pada 5:48 am

    iyo.. rancak…!! pengen denger abang bilang itu deh

    selamat buat tipi local nya

  4. meiy said,

    22 Agustus 2006 pada 4:35 am

    max nanti nanti nyampe ke medan gak ya..lumayan kan bisa mengobat rindu kampuang :)

  5. 4 Maret 2010 pada 9:15 am

    Nama saya Rio Mai Putra..
    saya ingin jadi presenter di Favorit TV bisa gak..
    saya pernah juga bekerja di beberapa media di kota padang.. ada gaklowongan kerja nya.
    kalo ada lowongan kerja nya ksh tau saya saya da… ne nmr hp saya 081374327038

  6. ALEX FITRIAWAN said,

    9 Juli 2010 pada 12:57 pm

    SAYA SEBAGAI PENJUAL ALAT-ALAT VIDEO EDITING DAN ALAT-ALAT BROADCAST APABILA BAPAK/IBU MEMERLUKAN LATA TERSEBUT BOLEH MENGHUBUNGI KAMI
    KAMI SEBAGAI DISTRIBUTOR TUNGGAL
    – PINNACLE VIDEO EDITING
    – DAYANG
    – BLACMAGIC-DECLINK
    – STORAGE PROMISE
    DLL

  7. 30 Mei 2011 pada 3:33 am

    Feels like you’ve got …not really early spring fever, though more like early spring enthusiasm. This particular post made me reckon that some thing inside all of us really needs tweaking, a change. Still it’s a horrible, continually difficult to change oneself without any help. Practically nothing important at all. I’m going to have a bathe and also go to sleep, could make that more suitable the next day. Thanks a lot for the post, good afternoon! :)

  8. Roy said,

    16 Agustus 2011 pada 3:59 pm

    For : HRD or News Department.

    Langowan, 2011

    KORESPONDEN News or Feature – District City Center Langowan, Manado, Indonesian.

    Dengan hormat,
    Nama, Roy Sumampouw alias Abi atau Binyo
    Location,
    1. Langowan City Center, Amongena 1, Jaga 3, Manado, Sulawesi Utara, Indonesian.
    2. at Jakarta Pondok Gede, Jl. Cendrawasih No.23 Perum. Bumi Makmur, Jati Makmur, Jak – Tim.
    Keluarga, Sumampouw
    Pendidikan, Diploma 3 (D.3)
    Phone : 0852 1942 9915/ Roy
    Email, sumampouwroy@yahoo.co.id
    Pengalaman, TV program , Event Organaizer, Production House.
    Pengalaman lain, Pers media cetak
    Pengalam Kreasi lain,
    1. Komposer HP di iklan Televisi KB baru ( Keluarga Berencana )
    2. Penulis skenario salah satu sinetron terkenal
    Pengalaman Skill,
    1. Editor TV, Adobe Premier, Affter Effect, dll
    2. Kameraman News, Sony PD 170, D50, dll

    Saya berminat untuk menjadi Koresponden atau Karyawan untuk daerah, di Langowan City, Manado, Sulawesi Utara, Indonesian. Saya akan mengirim Berita dan Feature, utk memenuhi keingin tahuan masyarakat terhadap daerah Sulawesi Utara. atau jenis program lainnya.

    Secepatnya bisa hubungi saya Mb: Roy 0852 1942 9915 // Fax ruko 0431 372 433 // Pusat keluarga Sumampouw 0431 371 526 // Home Jkt 021 8499 2412###

    Terimakasih.

    Langowan, Manado, Indonesian, 2011


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: