Gempa Besar Hoyak Nias, Warga Padang Panik

EpisentrumGEMPA berkekuatan 6,2 SR kembali mengguncang Pulau Nias. Gempa cukup besar itu, guncangannya juga dirasakan di Kota Padang dan sejumlah kota lainnya di Sumbar. Getaran yang berlangsung sekitar beberapa menit tersebut, membuat warga yang sebagian besar sudah lelap tertidur, terpaksa berlari ke luar rumah guna menghindari kemungkinan terburuk. Terlebih lagi bagi mereka yang berada di bangunan tinggi.

Dari data website resmi Badan Meteorologi dan Geofisika (BMG), disebutkan gempa terjadi pada pukul 22.28′.22′ WIB di latitude 0.11′ dan longitude 96.92′. Episentrum gempa berada di laut 109 km barat daya Teluk Dalam, Nias di kedalaman 33 km.

Data yang dirilis USGS (United State Geological Survey/ BMG-nya Amerika Serikat) di website resminya, justru berbeda. Disebutkan, gempa ini berkekuatan 6,8 SR yang berpusat di 0.074 LU dan 97,012 BT dengan kedalaman 1,9 km (1,2 mil) di Pulau Nias yang berjarak 270 km dari Sibolga atau 390 km dari Kota Padang. Oleh USGS gempa ini dikategorikan strong (kuat).

Sementara data yang disebutkan operator Dinas Kesejahteraan Sosial, Penanggulangan Bencana dan Banjir Kota Padang, Hidayat menyebutkan gempa ini berkekuatan 7,1 SR yang berpusat di antara Nias dan Mentawai. Data itu, katanya, berasal dari laporan BMG yang didapatnya. Sedangkan BMG Padang Panjang yang berkali-kali dihubungi di telepon 0752-82554 tak bisa dikontak karena sibuk melayani telepon yang masuk dari warga Sumbar.

Ketika gempa terjadi, sejumlah warga menduga gempa ini berasal dari aktivitas dari Gunung Talang yang saat ini “berulah”. Namun dugaan itu akhirnya patah seiring dirilisnya data gempa terbaru di website resmi BMG RI dihttp://gis.bmg.go.id.

Sampai berita ini diturunkan, belum didapat informasi kerusakan dan korban jiwa di Nias maupun di wilayah Sumbar sendiri. (max)

Up Date: BMG merilis data terbaru pada 17 Mei 2006 melalui web resminya, bahwa gempa tersebut terjadi pada pukul 22.28′.26′ WIB di latitude 0.1 dan longitude 97.06. Episentrum gempa berada di laut 109 km barat daya Teluk Dalam, Nias di kedalaman 16 km dengan kekuatan 6,4 SR. Gempa susulan berkekuatan 5,4 SR terjadi lagi pukul 23.19′.37′ di latitude 0.12 dan longitude 97.14 di laut 160 km barat daya Gunung Sitoli di kedalaman 33 km.

1 Komentar

  1. 30 Mei 2011 pada 3:34 am

    Just how relating to this – in case the usa economy continues it’s rate of drop, quickly you actually won’t have got almost any travellers irritating you as they simply aren’t going to be in a position to afford to pay. some completely happy thought, right? hmm… can’t think about any kind of true joyful opinions. It is just a amazing day outdoors presently but We’re caught up indoors searching in this. Will take a look ?nside your blog once more next week, wonderful night :-)


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: