Dicari, Pemuda Sumbar Terbaik

KnpiBERBEDA dengan perayaan HUT sebelumnya, Komite Nasional Pemuda Indonesia (KNPI) Sumbar kini punya gawe di luar kebiasaan. Dikatakan di luar kebiasaan, lantaran di usianya yang ke-33 pada 23 Juli 2006 mendatang, baru pertama kali ini mereka dipercaya sebagai tuan rumah resepsi perayaan HUT KNPI se-Indonesia yang dipusatkan di Kota Padang.

Kepercayaan yang begitu besar dari pusat, dimanfaatkan organisasi tempat berkumpulnya berbagai OKP (organisasi kepemudaan) di Sumbar tersebut dengan menghelat rangkaian acara yang oke punya. Salah satu yang di luar kebiasaan pula, adalah melakukan pemilihan 4 tokoh Sumbar yang berhak menerima Pemuda Sumbar Awards melalui polling via SMS dengan bekerjasama dengan PT Indosat.

Sebanyak 17 tokoh Sumbar telah ditetapkan sebagai kandidat, yang kemudian dilemparkan ke publik untuk dipilih dan didukung sebagai penerima penghargaan prestisius tersebut. Nama yang diapungkan itu, bukanlah tokoh kacangan, namun sejumlah figur muda yang memang diakui eksistensinya di dunianya masing-masing.

“Kami sengaja melakukan polling ini sebagai bentuk penghargaan kami terhadap kiprah tokoh-tokoh itu selama ini. Namun dari 17 nama yang akan dipilih tersebut, masyarakat jugalah yang akan menentukan pilihannya. Yang mendapat dukungan terbanyak, itu berarti kiprah dan jasanya selama ini begitu melekat di hati masyarakat khususnya pemuda,” ujar Roni Putra, Ketua Panitia HUT KNPI ke-33 didampingi sekretarisnya, Adrian Tuswandi SH dan bendahara, Nurkholis B kepada pers.


Adapun 17 tokoh itu –berdasarkan abjad– adalah Aristo Munandar (Bupati Agam), Asnawi Bahar (Ketua Kadin Sumbar/ mantan Ketua KNPI Sumbar 1997-2000), Davip Maldian (Ketua Yayasan Pendidikan dan Kesejahteraan Masyarakat Indonesia), Elwi Daniel (Komisaris PT Semen Padang/ Pembantu Dekan III Fakultas Hukum Unand), Epyardi Asda (Anggota F-PPP DPR RI), Fauzi Bahar (Walikota Padang), Gamawan Fauzi (Gubernur Sumbar), Hendra Irwan Rahim (Anggota F-PG DPRD Sumbar/mantan Ketua KNPI Sumbar 1994-1997), Irdinansyah Tarmizi (Anggota F-PG DPRD Sumbar), Irfendi Arbi (Wabup Limapuluh Kota), Irman Gusman (Wakil Ketua DPD RI), Kandris Asrin (mantan Ketua KNPI 2000-2004), Leonardy Harmainy (Ketua DPRD Sumbar), Shadiq Pasadigoe (Bupati Tanah Datar), Syahrul Udjud (mantan Walikota Padang/manta Ketua KNPI Sumbar), Trismon (Ketua DPRD Kota Bukittinggi) dan Yul Akhyari Sastra (Anggota F-PG DPRD Sumbar/Ketua KNPI Sumbar).


“Semua nama itu, akan mulai dipilih pada awal Mei dan berakhir pada 23 Juli 2006 pukul 00.00 WIB. Caranya, mengirim SMS dengan mengetik KNPI spasi No Urut Tokoh Pemuda yang dipilih, lalu kirim ke 7796. Mulai detik ini, silahkan kirim SMS sebanyak-banyaknya ke short number tersebut tanpa ada batasan. Sedangkan penyerahan penghargaannya, dilakukan pada puncak resepsi HUT KNPI pada 23 Juli malam yang akan dihadiri Menteri Pemuda dan Olahraga RI, Adhyaksa Dault dan Ketua DPP KNPI,” sebut Roni.


Dikatakannya, dalam perayaan HUT itu, KNPI Sumbar tidak hanya menggelar penyerahan anugerah Pemuda Sumbar Awards saja. Sejumlah rangkaian acara lainnya juga akan dihelat sepanjang Mei hingga Juli mendatang. Di antaranya, Lomba Lari Marathon Pemuda 10 K tingkat nasional pada 23 Juli yang akan diikuti oleh Menpora, seminar sehari bertemakan “Pemuda Sumbar Pambangkik Batang Tarandam” pada 7 Juni di Hotel Pangeran Beach dengan pembicara gubernur Sumbar, ketua DPRD Sumbar, ketua LKAAM Sumbar dan general manager PLN wilayah Sumbar. Serta serangkaian kegiatan sosial kemasyarakatan dan anjangsana ke Lembaga Pemasyarakatan (LP) Muara Padang, LP Bukittinggi dan LP Pariaman.


“Pada setiap kunjungan ini, direncanakan digelar kegiatan penyuluhan hukum, pengajian, sholat bersama dengan penghuni LP setempat. Selain itu juga akan mengajak para narapidana untuk melakukan donor darah,” ujarnya.
(max)

1 Komentar

  1. Anonymous said,

    6 Februari 2007 pada 1:59 am

    I have been looking for sites like this for a long time. Thank you! » » »


Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: