Awan Aneh, (Bukan) Awan Gempa?

Awan-anehBANYAK orang mengait-kaitkan antara kemunculan awan aneh dengan gempa yang datang kemudian. Beberapa kali gempa besar datang, selalu saja akan muncul berita atau klaim si anu melihat awan aneh sebelum gempa itu terjadi.

Benarkah ada kaitannya antara gempa dengan awan? Sependek pengetahuan saya yang tak pernah mencicipi mata pelajaran soal gempa, geologi, meteorologi ataupun gelombang elektromagnetis di bangku sekolah maupun kuliah, tentu tak bisa saya menjawab pertanyaan ini. Yang ada –setelah saya googling ke sana-kemari, banyak pro kontra seputar keabsahan relasi awan aneh dengan gempa yang terjadi.

Namun sebagai referensi, ada pembahasan soal gempa dan awan yang bisa dibaca di sini. Lalu ada pula pembahasan panjang lebar soal mitos awan gempa oleh pendongeng geologi yang memunculkan beragam komen.

Awan-aneh1Terlepas dari itu semua, saya mencoba memposting gambar awan aneh yang saya jepret pada sore 22 Desember 2009 lalu. Sekali lagi, saya tak mau mengklaim bahwa awan ini adalah awan gempa. Karena dari bentuknya, jelas jauh dari bentuk dalam pembahasan kriteria awan oleh awanologi (tukang bincang awan, wkwkwkwk-red).

Foto yang saya ambil dari balkon rumah di kawasan Tunggul Hitam, Kecamatan Koto Tangah, Kota Padang ini, bukan awannya yang berbentuk garis lurus horizontal, tapi justru langitnya. Langit biru ditutupi dua bagian gumpalan awan tebal, dan meninggalkan celah lurus di tengahnya. Apakah ini bagian dari awan hujan alias pertanda hujan akan turun? Seperti lagunya Ella yang duet dengan Deddy Dores, mendung tak berarti hujan. Dan terbukti tak ada hujan beberapa saat setelah kemunculan awan ini.

Lalu, apakah awan ini ada kaitannya dengan gempa? Yang jelas, sehari setelah kemunculan awan ini, terjadi gempa 6,1 SR (berpusat) di 56 km tenggara Siberut Mentawai pada 23 Desember 2009 pukul 08:11:57 WIB. Gempa 6,1 SR itu dirasakan cukup kencang di Kota Padang, yang disusul dengan gempa 5,3 SR puluhan menit kemudian, atau tepatnya pukul 08:47:17 WIB.

Nah, adakah yang bisa memberi penjelasan seputar fenomena awan aneh hasil jepretan saya ini? Kalau ada, silahkan komen… (max)

8 Komentar

  1. 5 September 2010 at 10:26 pm

    […] orang mengait-kaitkan adanya awan aneh berhubungan dengan kemungkinan bakal terjadinya gempa. Seperti yang terjadi di Yogyakarta pada 21 Agustus 2010 lalu. Entah ada hubungannya pula atau […]

  2. adi said,

    6 September 2010 at 1:20 am

    kalo menurut saya itu foto editan mas ! gambarnya besar jd bisa diperjelas dan itu kelihatan foto editan ! brush nya juga masi keliatan di sekitar langit biru bagian atas..

    • max said,

      6 September 2010 at 10:23 am

      kalo editan sih iya… dg memperjelas warna dan gambar melalui photoshop. Yang kita bicarakan disini adalah soal objeknya, yaitu dua gumpalan awan yang mengapit langit biru. Emang sampeyan kira awannya pun dibikin ada dari sebelumnya tiada? :P

  3. Yanny Melko said,

    21 Oktober 2010 at 7:12 pm

    entah awan..entah matahari..yang jelas ada isitilah “Alam Takambang Jadi Guru”

  4. tien said,

    11 November 2010 at 12:53 pm

    bisa jaDi aja…
    kaRna tuw swaTu taNda2 juGa bg…

  5. ZQX said,

    30 November 2010 at 1:15 am

    Setau saya, awan vertikal yang berbentuk payung (seperti badai topan) yang dikatakan sebagai awan gempa.
    Teorinya sih: katanya gesekan lempeng menimbulkan energi elektromagnetik bumi, dan bisa mempengaruhi awan di atasnya. (ditarik ke arah bumi)
    Kejadian ini udah terbukti berkali2, seperti gempa di Kobe Jepang, Semenanjung California dll.. Tapi gempanya terjadi 4-5 hari setelah awan tersebut keliatan. Jadi bukan awan horizontal..

  6. ZQX said,

    30 November 2010 at 1:22 am

    Tapi alat deteksi yang bisa dijadikan tanda akan terjadinya gempa besar adalah bola lampu neon (tabung)..
    Ga usah dicolokin ke listrik.. tp tarok aja di atas meja..
    kalo bola lampunya kedip2 (kayak bola lampu mao putus) berarti telah terjadi perubahan besar pada medan elektromagnetik bumi.. Salah satu penyebabnya adalah akibat pergeseran lempeng bumi..

  7. 7 Mei 2012 at 6:00 pm

    tapi dari anugrah tuhan
    kan kawan


Berikan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d blogger menyukai ini: