Mambangun Nagari Basamo Minang TV


TvMENYUSUL mulai mengudaranya Favorit TV (Fativi) pada akhir April lalu melalui siaran ujicoba, masyarakat Sumbar akan segera pula dihibur dengan kehadiran Minang TV. Jika tidak ada aral melintang, stasiun TV milik PT Minang Media Televisi Sumbar itu, dipastikan akan mengudara (on air) secara resmi pada 17 Agustus mendatang.

Kepastian akan mengudaranya Minang TV, diungkapkan Dirut PT Minang Media Televisi Sumbar, H Erwin Amril didampingi Komisaris Utama, Drs H Irawadi Uska BAc dan Manager Program, Andri Mulyadi kepada pers, Selasa (2/5). Dikatakan Erwin, sebelum resmi on air pada 17 Agustus itu, Minang TV akan melakukan siaran ujicoba pada Juni mendatang di channel 31 UHF.

“Saat ini kita masih menunggu kedatangan peralatan siaran yang didatangkan dari Italia. Towernya akan kita bangun di daerah Ulu Gadut. Untuk proses perizinan, kita sudah mengurus ke KPID Sumbar, Balai Monitoring Lokal, KPID Pusat dan Depkominfo RI,” ungkapnya.

Erwin yang juga menjabat sebagai Ketua Umum DPP Himpunan Wartawan Muslim Indonesia (HIWAMI) ini menyebutkan, sebagai salah satu pemain baru di TV lokal Sumbar, Minang TV tampil dengan mengedepankan segmen adat istiadat dan budaya Minangkabau bagi pemirsanya. Seluruh program akan menyentuh kehidupan sosial dan budaya masyarakat Minang dengan kemasan menarik yang jelas berbeda dengan suguhan stasiun televisi lainnya.

“Kendati nantinya ada beberapa stasiun televisi lokal yang juga menggarap segmen ini, Minang TV tetap tampil berbeda. Soal stasiun mana yang akan “dipelototi” penonton, resepnya tergantung pada menarik atau tidak menariknya kemasan acara yang ditampilkan. Jika menarik, sudah tentu para buyer (pemasang iklan-red) juga akan berlomba-lomba untuk mengiklankan produknya,” kata mantan wartawan Poskota yang juga dikenal sebagai sutradara sejumlah sinetron yang digarap production house, ESA Production ini.

Ditimpali Irawadi Uska –yang akrab dipanggil Codot–, segmentasi adat dan budaya yang digarap Minang TV, bukan dalam arti sempit. Banyak ranah atau ruang yang belum tergarap maksimal pada segmen itu. Bagaimana bentuk penggarapannya, Codot dan Erwin, belum mau buka kartu. Alasannya, selain ini akan menjadi kejutan bagi penonton, juga mencegah kemungkinan stasiun televisi lain menggarap hal serupa.

Minang TV bersemboyankan “Basamo Mambangun Nagari” ini, tidak ingin asal jual “kecap”. Semboyan yang digunakan, akan diejawantahkan guna menjembatani kembali pemirsa dengan adat dan budayanya guna kembali membangun kejayaan masa lalu Ranah Minang ini.Bagaimana hasil akhirnya, mari bersama-sama kita tunggu kehadiran Minang TV.
(max)

22 Komentar

  1. .n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. said,

    5 Mei 2006 pada 2:03 am

    weih hebat… makin lengkap aja nih akses informasi di Minang…
    sukses ya buat minang TV nya ^___^

  2. .n.a.n.a.t.e.r.b.a.n.g. said,

    5 Mei 2006 pada 2:04 am

    Eh hari ini Valdisya ultah ya???
    salam ya buat Valdisya kecil… Met ultah ke 1 thn…
    salam peluk dr uni nana gituh… hihihi…

  3. Anonymous said,

    22 Desember 2006 pada 11:16 pm

    Wonderful and informative web site.I used information from that site its great.
    » » »

  4. Preman_Insyaf said,

    12 Agustus 2007 pada 3:26 am

    selamat atas mengudaranya minang tv, moga maju diudara, jangan lupa siarankan, pedesaan yang terpelosok, yang butuh bantuan, biar pejabat ngeliatnya dan tersentuh hatinya. dari kami Preman_Insyaf

  5. rangtalu said,

    10 Desember 2008 pada 2:32 pm

    ada lowongan kerja tidak di sana? he he

  6. 17 Desember 2008 pada 12:19 am

    ADA LOWONGAN KERJA NGGAK DISANA???
    COZ SAYA KEPINGIN JADI PRESENTER TV!
    PRESTASI YANG PERNAH SAYA DAPATKAN DI DUNIA ANNOUNCER:
    1. FINALIS SIMPATI STUDENT AIR TALENT CONTEST “STAR RADIO”
    2. FINALIS SHOW ON THE SCHOOL AND ANNOUNCER SCHOOL COMPETITION “SSBS RADIO”
    PLEASE
    KALAU ADA KIRIM KE EMAIL SAYA KE
    IQBAL.GAUL29@GMAIL.COM
    OK!!!

  7. Rafly Sony said,

    9 April 2009 pada 4:18 pm

    Saya sorang kamera person merangkap editor.
    Saat ini saya kerja sambilan sebagai kameraman dan editor untuk video klip.
    Saya punya kamera dan kendaraan sendiri.
    Bisa nggak saya ikut gabung dengan Minang TV.
    Saya tidak mengutamakan bayaran, cuma ingin cari pengalaman saja di Minang TV

  8. Rafly Sony said,

    9 April 2009 pada 4:20 pm

    Saya berdomisili dikota padang

  9. 8 Oktober 2009 pada 1:24 pm

    nama saya surya adi putra…
    saya ingin mendaftar untuk jadi presenter..
    apa bisa saya bergabung dengan minang tv..
    saya tidak mementingkan bayaran, saya cuman pengen cari pengalaman, umur saya 15 thn… kalau saya di izinkan jadi presenter di minang tv ini email saya surya_present@yahoo.com… dan ini no hp saya 081363802610

  10. Lilis Kurnia said,

    13 Januari 2010 pada 1:03 pm

    sepertinya untuk di umur kamu yang terlalu muda sepertinya blum memenuhi persyaratan…sejauh ini blom ad presenter yang se usia km,,,,dan itu Rasanya ga mungkin ya…kecuali untuk di 2010 ini d adakan to presenter termuda yang di bawah usia segimana mestinya….setau saya di usia km yang belia ini harus byk2belajar dan mengejar prestasi sehingga nanti kamu bisa masukin low menjadi presenter….GOOD LUCK FOR YOU….

  11. Eca said,

    15 April 2010 pada 6:20 pm

    Apa ada lowongan buat jadi news presenter gak??
    Saya ingin cri pengalaman..
    Trimakasih..

  12. desy said,

    31 Juli 2010 pada 8:48 pm

    weiiiihh minang maju terussss…
    x ja aq bisa jadi salah satu pembawa acarax???
    call me at 081374530006
    kalo da lowongan jadi pengisi acara ea??
    pleaseee…

  13. Oke lah said,

    29 Agustus 2010 pada 10:14 pm

    http://www.andra.com

  14. feni sikumbang said,

    14 September 2010 pada 11:20 pm

    aku peni…
    salam kenal ….
    aku ingin sekali berpartisipasi di minang tv..
    aku lulusan komunikasi di perguruan tinggi swasta di jakarta…
    kalau ada lowongan menjadi reporter, diharapkan infonya…
    terima kasih

  15. willy said,

    30 Oktober 2010 pada 12:34 pm

    mau tanya ,dirumah saya g ada,minang tv ,bisa minta kodenya g?
    digital saya goldsat,
    eh iy tayangin NBA pada jam brp y?

  16. terompa said,

    20 Januari 2011 pada 11:59 pm

    buat minang tv.Tempat2 maksiat sudah semakin menjamur di kota padang nungkin bisa buat bahan tv anda. terima kasih

  17. amrizal said,

    1 Februari 2011 pada 5:37 pm

    bang padang sudah jadi tempat wisata bika bang,bukan wisata gempa lagi

  18. 13 Februari 2011 pada 9:22 pm

    adain donk acara live di minang tv

  19. 4 Juni 2011 pada 12:19 am

    minang tv, saya mau nglmar jd presenter di minang tv nh! presenter program acara apa aja, news,remaja,entertaint yg lain2 kalau untuk msalah hnor brpa pn ga mslh deh, saya cmn pngin cri pngelaman, fb:surya adi putra twetter:@suryaalone atau numb hp 082174158383. oke mksh!

  20. 10 Oktober 2011 pada 11:46 pm

    nama saya toto sugianto…
    saya pernah bekerja di Tv nasional MNC TV selama 3 tahun.. sebagai staff visual composer atau design animasi…
    saya mau bergabung di minang TV… jika minat tlg hubungi 085730005080 atau email : ragil_toto@yahoo.com

    gaji + 5 juta….


Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

